Scroll Untuk Baca Artikel
Nasional

Muncul Wacana Pembatasan Hingga Penghapusan Pertalite Subsidi, Ini 3 Jenis Bensin Penggantinya

×

Muncul Wacana Pembatasan Hingga Penghapusan Pertalite Subsidi, Ini 3 Jenis Bensin Penggantinya

Sebarkan artikel ini
Pertalite Subsidi | tips hemat bensin | Pertamax Green 92
Ilustrasi orang mengisi bensin. (Foto: Freepik)

SEMARANG, beritajateng.tv – Kabar mengenai pembatasan bahkan kemungkinan penghapusan Pertalite subsidi dari SPBU Pertamina telah menjadi perbincangan hangat belakangan ini.

Pemerintah berencana untuk menghapus Pertalite sebagai salah satu jenis BBM subsidi di SPBU Pertamina, lantas berganti dengan tiga jenis bensin baru.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Saat ini, jenis bensin subsidi yang tersedia di SPBU Pertamina adalah Pertalite dan Solar. Namun, kabarnya penjualan BBM subsidi akan ada pembatasan bahkan pemerintah hapus dalam rangka Program Langit Biru Pertamina, yang bertujuan untuk menekan emisi gas buang dengan membatasi pembelian BBM subsidi.

BACA JUGA: Muncul Wacana Pertalite Ganti Pertamax Green 92, Pengamat Energi: Masyarakat Lebih Melihat Harga

Pertalite saat ini menjadi pilihan bensin terjangkau bagi masyarakat di SPBU Pertamina, dengan harga per liter sekitar Rp10 ribu, lebih murah ketimbang jenis bensin lain yang tidak mendapat subsidi.

Namun, wacana pembatasan atau bahkan penghapusan Pertalite masih terus bergulir. Sebab, ada anggapan tidak sesuai dengan target pembeli yang seharusnya masyarakat kurang mampu.

Meskipun demikian, pemerintah masih belum menerbitkan revisi terhadap Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014. Perpres tersebut mengatur tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM), termasuk petunjuk teknis pembelian BBM subsidi.

Pembatasan Pertalite subsidi

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, menyatakan bahwa revisi Perpres 191 Tahun 2014 akan mengatur mengenai kendaraan yang berhak membeli BBM subsidi jenis Pertalite.

Tinggalkan Balasan