Penularan Hepatitis Akut Berasal dari Makanan Tak Bersih dan Sehat

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dokter Muhammad Adib Khumaidi.

Semarang, 19/5 (BeritaJateng.tv) – Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyebut jika penyebab utana penularan penyakit hepatitis akut adalah dari makanan yang tidak bersih dan tidak sehat.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dokter Muhammad Adib Khumaidi usai konferensi pers Pembukaan Hari Bakti Dokter Indonesia 2022 di Semaran, Kamis (19/5).

Dokter Muhammad Adib Khumaidi menegaskan bahwa pola penularan penyakit hepatitis akut ini berbeda dengan covid-19. Untuk penyakit hepatitis, penularan disebabkan karena masyarakat mengkonsumsi makanan yang tidak bersih dan tidak sehat.

Untuk itu, lanjut Adib, Pengurus Besar IDI meminta agar orang tua lebih memperhatikan pola makan putra/putrinya yang berusia dibawah 10 tahun.

“Berdasarkan data, selain Jakarta ada beberapa daerah yang banyak warganya terserang hepatitis akut,” ujarnya.

Dia mengimbau agar masyarakat selalu menjaga kebersihan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan matang untuk mencegah penularan penyakit hepatitis akut.

“Kami mangajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, menjaga kebersihan diri sendiri serta menjaga kebersihan makanan dan berperilaku dalam pembudayaan hidup bersih untuk mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan limbah berbahaya lainnya dengan harapan usaha ini akan menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia,” katanya.

Pengurus Besar IDI ini juga berharap orang tua bisa berperan baik dengan selalu tanggap dalam memperhatikan pola makan anaknya terutama anak di bawah 10 tahun. “Untuk anak-anak, disarankan agar mengkonsumsi makanan yang matang dan bersih serta bergizi,” ujarnya. (Ak/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.