Scroll Untuk Baca Artikel
JatengKesehatan

Peringati Hari Anti Narkotika Internasional 2023, BNNP Jateng Kampanyekan Bahaya Narkoba Lewat Lomba Gowes Sepeda

×

Peringati Hari Anti Narkotika Internasional 2023, BNNP Jateng Kampanyekan Bahaya Narkoba Lewat Lomba Gowes Sepeda

Sebarkan artikel ini
Hari Anti Narkotika Internasional
BNNP Jateng menggelar lomba sepeda bertajuk "War on Drugs Fondo" dalam rangka Peringatan HANI 2023, di Lapangan Metro Point Kota Lama Semarang, Minggu 2 Juli 2023. (Fadia Haris Nur Salsabila/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah (Jateng) menggelar lomba sepada bertajuk “War On Drugs Fondo 2023” di Lapangan Metro Point Kota Lama Semarang, Minggu 2 Juli 2023. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2023 yang jatuh pada tanggal 26 Juni lalu.

Sebanyak 156 peserta yang terbagi dalam lima kategori yaitu Men Elite (Atlet), Master A, Master B, Master C, dan Women Open mengikuti lomba berhadiah puluhan juta rupiah tersebut.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kepala BNNP Jateng, Brigjen Pol Drs Heru Pranoto, M.Si. mengatakan, penyelenggaraan kegiatan olahraga seperti ini berangkat dari angka penyalahgunaan narkotika di Jateng yang terbilang cukup tinggi. Oleh karena itu, ia berharap sosialisasi melalui bersepeda dapat menekan angka penyalahgunaan narkotika di Jateng.

“Sekitar sejuta sekian orang sudah menggunakan narkotika. Dari situ, Presiden RI Joko Widodo menekankan bahaya narkotika dengan menyatakan Indonesia Darurat Narkotika, yakni terimplementasikan melalui Inpres Nomor 2 Tahun 2020. Kemudian terimplementasikan melalui kegiatan olahraga untuk mengedukasi masyarakat,” kata Heru ke awak media, Minggu pagi 2 Juli 2023.

Selain sebagai ajang sosialisasi bahaya narkoba, lanjut Heru, kegiatan “War On Drugs Fondo 2023” juga mampu meningkatkan perekonomian dan menjual daya tarik Jateng ke daerah lain.

“Ini salah satu upaya untuk menggerakkan ekonomi masyarakat ini. Sehingga banyak hotel dan UMKM mulai tumbuh dengan datangnya masyarakat yang dari luar dengan event seperti ini,” lanjutnya.

Menuju Indonesia Bersih Narkoba Melalui Hari Anti Narkotika Internasional 2023

Hari Anti Narkotika Internasional 2023 sendiri mengusung tema internasional “People first stop stigma and discrimination, strengthen prevention”. Sedangkan tema nasional di Indonesia adalah “Akselerasi War On Drugs Menuju Indonesia Bersinar”.

Tinggalkan Balasan