Scroll Untuk Baca Artikel
Gaya Hidup

Hadirkan Slow Bar, Upaya Kopi Susu Bu Lurah Semarang Jalin Interaksi dengan Pengunjung

×

Hadirkan Slow Bar, Upaya Kopi Susu Bu Lurah Semarang Jalin Interaksi dengan Pengunjung

Sebarkan artikel ini
slow bar Semarang
Slow bar Semarang ini hadirkan kedekatan bersama pengunjung. Selasa (6/6/2023). (Fadia Haris Nur Salsabila/beritajateng.tv).

SEMARANG, beritajateng.tv – Berbagai kedai kopi umumnya menawarkan konsep grab and go, atau pesan di kasir, bayar, dan kemudian segelas kopi siap saji. Berbeda dengan Kopi Susu Bu Lurah yang masih menyediakan slow bar Semarang, konsep kedai kopi yang menitik beratkan pada interaksi bersama pengunjung.

Guntur, manajer operasional sekaligus barista Kopi Susu Bu Lurah menjelaskan, konsep slow bar Semarang dipilih oleh pemilik, Rodra Ciptaning, untuk mengembalikan fungsi kedai kopi kepada fitrahnya. Menurutnya, fungsi kedai kopi telah bergeser dari konsep awal seiring semakin populernya kopi di kalangan anak muda.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Jadi dulu coffee shop itu adalah tempat buat orang bisa ngobrol dan berinteraksi sama barista, sekarang agak bergeser menjadi tempat nongkrong, ngerjain tugas, dan ngumpul sama temen-temen,” kata Guntur kepada beritajateng.tv, Senin 5 Juni 2023.

Berangkat dari keresahan tersebut, akhirnya tercetus ide untuk membangun spot kecil untuk memfasilitasi slow bar Semarang.

Slow bar sendiri adalah sebuah metode pembuatan kopi dengan menggunakan alat manual brewer. Nantinya, barista mengerjakan seluruh proses pembuatan kopi, mulai dari pemilihan biji kopi.

“Slow bar itu menyeduh kopi dengan metode V60, itu seduhan manual, jadi kita langsung seduhin di depan pelanggan sambil menjelaskan, misal biji kopinya dari mana, proses tanamnya seperti apa, seperti itu, intinya nanti ada waktu untuk mengobrol bersama pelanggan,” lanjutnya.

Karena secara manual, umumnya proses pembuatan kopi dengan slow bar memakan waktu yang lebih lama daripada dengan metode pembuatan kopi lainnya. Guntur mengaku, membutuhkan waktu kurang lebih lima menit untuk menyiapkan satu cangkir kopi.

Tinggalkan Balasan