Scroll Untuk Baca Artikel
Jateng

Soroti Isu Lingkungan, AMSI Gandeng BBC Media Action Gelar Pelatihan Green Growth Journalism

×

Soroti Isu Lingkungan, AMSI Gandeng BBC Media Action Gelar Pelatihan Green Growth Journalism

Sebarkan artikel ini
jurnalisme lingkungan
Ketua Umum AMSI Periode 2020-2023, Wenseslaus Manggut saat mengisi pelatihan bertajuk Training For Green Growth Journalism, 11 September 2023 di Yogyakarta. (Fadia Haris Nur Salsabila/beritajateng.tv)

YOGYAKARTA, beritajateng.tv – Dalam rangka meningkatkan kapasitas jurnalis dalam bidang isu lingkungan, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) bersama BBC Media Action menggelar pelatihan bertajuk Training For Green Growth Journalism pada 11 hingga 13 September 2023 di Yogyakarta.

Sebanyak 20 jurnalis pilihan dari berbagai media online di sekitar Jawa, DIY, Bali dan Nusa Tenggara berkesempatan mengikuti pelatihan seri pertama ini.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Rencananya, pelatihan ini akan kembali dilangsungkan hingga tiga seri. Adapun seri kedua akan diikuti oleh jurnalis di sekitar Sumatera dan Kalimantan dan seri ketiga bagi jurnalis di sekitar wilayah Indonesia Timur.

Ketua Umum AMSI Periode 2020-2023, Wenseslaus Manggut dalam pembukaannya menyampaikan pentingnya media dalam memberikan porsi liputan yang besar untuk isu lingkungan.

BACA JUGA: Terpilih Secara Aklamasi, Wahyu Dhyatmika dan Maryadi Resmi Jadi Ketum dan Sekjen AMSI 2023-2027

Terlebih, lanjut Wensus, saat ini terdapat disrupsi yang mulai memasuki media massa. Yang mana mengakibatkan adanya perubahan transaksi antara media dengan publik.

“Adanya perubahan mengakibatkan media kehilangan transaksi dengan publik, bagaimana disrupsi itu masuk ke dalam pekerjaan media seperti kita. Berita itu harus ada kepentingan publiknya, kalau nggak ada jangan ditulis,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wensus turut menyoroti terkait proximity yaitu bagaimana kedekatan antara produk jurnalisme dengan keterikatan masyarakat. Menurutnya, saat ini masyarakat lebih menyukai berita yang mengungkap hal-hal yang viral seperti kehidupan pribadi selebritis.

Tinggalkan Balasan