TNI Siap Bantu Tanggulangi Erupsi Gunung Merapi

Rapat koordinasi penanggulangan erupsi gunung merapi. /Ellya.

Yogyakarta, 2/11 (BeritaJateng.tv) – Kapoksahli Pangdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Joko Triyanto, S,E., M.M., mewakili Pangdam IV Diponegoro membuka Latihan Posko I Korem 072/Pamungkas Dharma Giri 22 TA 2022 bertempat di Aula Sugiono, Makorem 072/PMK, Rabu, (2/11/2022).

Dalam sambutan Pangdam IV/Diponegoro yang dibacakan Kapoksahli disampaikan bahwa kegiatan latihan tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan Komandan dan perwira stafnya dalam merencanakan operasi. Hal ini sangatlah penting karena tantangan tugas ke depan yang semakin berat dan kompleks.

“Kita ketahui, sebagian wilayah Korem 072/Pmk merupakan daerah yang terdapat banyak gunung berapi yang masih aktif, sehingga wilayah Korem 072/Pmk merupakan salah satu daerah rawan bencana erupsi,” ungkapnya.

Sejalan dengan tema latihan yang diambil yaitu “Korem 072/Pmk Melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemerintah Daerah Dalam Rangka Membantu Penanggulangan Terjadinya Bencana Alam Erupsi Gunung Merapi”. Diharapkan Korem 072/Pmk selalu siap melaksanakan tugas-tugas kewilayahan, khususnya dalam penanggulangan bahaya bencana alam gunung berapi, operasi bantuan penanggulangan akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan bersama Pemerintah dan lembaga non Pemerintah di wilayah jajaran Korem 072/Pmk.

“Saya minta agar metode latihan yang diterapkan sesuai dengan prinsip pembinaan latihan dan doktrin TNI AD,” tegas Kapoksahli Pangdam IV/Diponegoro.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 072/Pmk Brigjen TNI Puji Cahyono, S.I.P., M.Si., Danrindam IV/Diponegoro Kolonel Inf Mochamad Arief Hidayat dan Komandan satuan jajaran Korem 072/Pmk. (Ak/El)

Leave a Reply