Tumbuhkan Nasionalisme, DPRD Jateng Dorong Generasi Muda Tingkatkan Literasi

Para narasumber dalam dialog Aspirasi Jawa Tengah "Peningkatan Nasionalisme pada Generasi Milenial" di Studio TATV Solo. (ricky fitriyanto/beritajateng.tv)

SOLO, 14/8 (beritajateng.tv) – DPRD Jateng mendorong peningkatan literasi tentang kewarganegaraan, Pancasila, dan nasionalisme ke generasi muda. Hal tersebut diperlukan untuk menangkal maraknya hoaks dan paparan radikalisme melalui media sosial (medsos).

Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono mengatakan, arus globalisasi dan berkembangnya akses informasi tidak mungkin dapat dibendung. Maka, penting untuk meningkatkan literasi sehingga anak muda bisa bijak dalam menyikapi berbagai informasi yang masuk.

“Dengan begitu mereka sadar untuk menggunakan ponsel dengan penuh tanggung jawab, bukan hanya informasi ditelan mentah-mentah,” kata Ferry dalam Dialog Aspirasi Jawa Tengah “Peningkatan Nasionalisme pada Generasi Milenial” di Studio TATV Solo, belum lama ini.

Menurut Ferry, generasi muda rentan menjadi sasaran radikalisme melalui penggunaan medsos. Dia berharap momentum HUT RI pada 17 Agustus perlu dimanfaatkan untuk menajamkam, serta melibatkan generasi muda tentang nasionalisme.

“KIta perlu menangkap ide kreatif generasi muda yang positif agar mereka merasa diwadahi dan tidak terjerumus hal-hal yang negatif,” ungkapnya dalam dialog yang dipandu Host Bona Ventura Sulistiana dan Co Host Okfied Sosendar tersebut.

Politisi Golkar tersebut juga bangga dalam momen Agustusan ini muncul semangat masyarakat untuk menata lingkungan dan meramaikan Hari Kemerdekaan.

“Jika kita lihat, masyarakat cukup antusias menyambut Hari Kemerdekaan dengan sukarela dan gotong royong,” paparnya.

Kabid Ideologi dan Kewaspadaan Badan Kesbangpol Jateng Agung Satrio Prakoso menambahkan, pihaknya ingin menyampaikan pesan ke generasi milenial tentang bagaimana mencintai negara, termasuk memberikan pendidikan politik ke generasi muda.

“Generasi muda perlu terus diberi sosialisasi tentang pemahaman terorisme. Kami ajak mereka berkegiatan bersama. Arus deras globalisasi tak bisa dibendung, maka perlu untuk memperkuat jatidiri bangsa dan ideologi negara,” ungkapnya. (*)

editor: ricky fitriyanto

Leave a Reply