Viral Warga dan Pelajar Teriaki Polisi saat Operasi Zebra, ini Penjelasan Kasatlantas Polres Blora

BLORA, 13/10 (BeritaJateng.tv) – Sejumlah potongan video anggota satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Blora, Jawa Tengah yang sedang melaksanakan operasi zebra candi 2022 di Kecamatan Randublatung, tepatnya di jalan randublatung – purwodadi diteriaki ratusan pelajar Smp Swasta dan warga viral di media sosial (Medsos).

Dalam video tersebut ada dua anggota satlantas sedang hunting melewati gerombolan warga dan sempat ditarik seragamnya oleh warga.

Ada juga yang berhenti didepan minimarket diteriaki ratusan pelajar smp swasta di Randublatung, dan ada pula yang masuk lorong memboncengkan perempuan.

Kasat Lantas Polres Blora AKP Noach Hendrik Daud saat dikonfirmasi di kantornya membenarkan adanya peristiwa tersebut.

“Ya, anggota saya saat itu sedang melaksanakan operasi zebra candi 2022 serentak di seluruh Indonesia, sesuai PP Nomor 80 Tahun 2012 pasal 14 ayat 3,yakni penindakan menggunakan aplikasi ETLE, penindakan kasat mata yang bersifat hunting system, ” kata AKP Noach, Kamis (13/10/2022).

AKP Noach mengatakan memilih Kecamatan Randublatung lantaran di wilayah tersebut sering terjadi Laka Lantas.

“Terkait video viral yang pertama saat anggota saya melintas didepan kerumunan warga, dan warga sempat menarik seragam anggota, adalah saat itu anggota sedang hunting namun kesasar. Ia tidak menguasi lokasi, jadi masuk lorong,” jelasnya.

Sedangkan yang di depan minimarket itu, kata Noach, adalah anggota mau beli minuman, karena terhalang oleh minibus warna hitam, kebetulan para pelajar lagi kumpul, kelihatannya takut pulang karena ada razia. Lalu ia meneriaki anggota, yang kemudian anggota tidak jadi beli dan putar balik.

“Video lainya anggota yang memboncengkan seorang ibu keluar dari lorong itu, karena sebelumnya saat melewati lokasi operasi, ibu tersebut tidak menggunakan helm dan surat surat kendaraan, lalu ia lari ke lorong dan anggota membawanya untuk dilakukan penindakan, ” imbuhnya.

AKP Noach mengakui memang ada tindakan tilang dalam operasi zebra di Randublatung. Operasi kasat mata sesuai 9 sasaran dalam operasi zebra candi 2022, termasuk truk bermuatan melebihi kapasitas, tidak memakai helm dan kelengkapan surat kendaraan, pajak, dan juga pengendara dibawah umur, itupun tidak semuanya hanya yang kebetulan melintas di lokasi operasi.

Dikatakan AKP Noach bahwa operasi candi Zebra saat ini berbeda dengan dulu, ada papan razianya, namun lebih ke hunting ETLE.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat Blora, agar mematuhi ketertiban berlalulintas untuk mencegah terjadinya laka lantas.

Satlantas akan terus hunting ke Kecamatan – Kecamatan melaksanakan edukasi operasi zebra candi, sesuai SOP dan aturan yang ada, termasuk sosialisasi membayar pajak kendaraan. (Her/El)

Leave a Reply