Walikota Lantik 31 Pejabat Pemkot Semarang

Hendi Lantik 31 Pejabat Pemkot Semarang

SEMARANG, 24/6 (BeritaJateng.tv) – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi melantik 31 pejabat pimpinan tinggi pratama dan administrator Pemerintah Kota Semarang, di ruang Lokakrida, Gedung Moch Ichsan, Balai Kota Semarang, Jumat (24/6/2022). Pelantikan ini untuk mengisi kekosongan sekaligus penyegaran jabatan.

Hendi, sapaan akrabnya, mengatakan, di tingkat eselon 2 yang kemarin masih menyisakan kekosongan yakni Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Saat ini, kekosongan jabatan tersebut sudah terisi.

“Di tingkat eselon dua maish kurang satu, kemarin Pak Gunawan (Kepala Dinas Pendidikan) pensiun. Sehingga, ada satu Plt eselon 2,” terangnya.

Hendi melanjutkan, pengisian kekosongan jabatan berikutnya adalah tingkat eselon 3A dimana semua jabatan camat saat ini sudah terisi. Namun, masih menyisakan dua sekretaris dan satu kepala bagian (kabag) yang belum terisi mengingat waktu belum terkejar.

“Kami ingin cepet saja. Yang di kabid kelurahan masih banyak yang kosong,” bebernya.

Dia meminta, pejabat yang belum dilantik atau belum dipromosikan terus bekerja dnegan baik agar pelantikan berikutnya bisa diikutsertakan. Menurutnya, BKPP saat ini tengah menyusun jabatan-jabatan yang masih kosong untuk bisa segera dilantik berikutnya.

“Teman-teman lagi nyusun-nyusun. Mungkin nanti sebagian selesai kami lantik. Berikutnya, bulan depan selesai lagi kami lantik. Kami akan terus lengkapi,” paparnya.

Kepala BKPP Kota Semarang, Abdul Haris menyebutkan, ada 31 pejabat yang dilantik pada pengambilan sumpah janji kali ini. Ada pejabat yang dilakukan mutasi tugaa, ada pula yang dipromosikan jabatan.

Menurutnya, mutasi dan promosi jabatan ini merupakan hal yang sudah menjadi rutinitas dalam pemerintahan karena ini bagian penyegaran jabatan.

“Misalnya, ada camat Candisari sekarang di Gajahmungkur, ada beberapa sekretaris yang berputar, karena penyegaran dalam jabatan sangat diperlukan,” jelasnya.

Adapun promosi jabatan, sambung dia, merupakan bagian dari prestasi pegawai. Maka, pelantikan ini menjadi hal yang dianggap biasa. Dia menekankan, semua tugas dan tanggungjawab pejabat sama dimanapun mereka ditempatkan. (Ak/El)

Leave a Reply