Warga Blora Geger, Tiga Sapi Mati Mendadak Diduga Akibat PMK

Warga Blora Geger, Tiga Sapi Mati Mendadak Diduga Akibat PMK

BLORA, 3/6 (BeritaJateng.tv) – Warga dukuh Singget, Desa Bleboh, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah digegerkan adanya tiga sapi mati mendadak, Jumat (3/6/2022) pagi sekitar pukul 06.00 WIB.

Sebelum mati Supeno pemilik sapi sempat melihat sapinya kejang kejang saat hendak memberi makan rumput.

“Waktu buka kandang itu, saya melihat sapi saya tergeletak terus kejang kejang, mati. Yang satu sempat saya keluarkan, kejang terus mati juga,” kata Supeno.

Supeno sempat kaget, karena ketiga sapi miliknya sebelumnya tidak ada tanda tanda sakit, semuanya sehat. Makanya juga masih lahap.

“Sehat, tidak ada tanda tanda sakit. Jam sebelas malam tak kasih makan rumput, makannya masih biasa,”  jelasnya.

Padahal dua sapi milik Supeno itu dalam keadaan hamil. Yang satu hamil satu bulan, satunya lagi hamil 6 bulan.

Wardi satgas penanggulangan penyakit mulut dan kaki (PMK) tingkat Kecamatan Jiken, usai memeriksa ketiga sapi tersebut mengatakan, ada dua analisa penyebab kematiannya.

“Analisa kami yang pertama kemungkinan keracunan dan yang diluar ini, PMK masuk atau gejala PMK,” ungkap Wardi.

Ditambahkan Wardi pihaknya bersama tim akan mengambil sample tanah untuk di lab terlebih daulu, untuk mengetahui penyebab pasti ketiga sapi tersebut.

Sementara Camat Jiken Mulyowati menambahkan setelah koordinasi melalui telephon dengan tim kesehatan drh. Tejo Zuwono, kemungkinan tanda tanda PMK kecil, karena mati ini serentak langsung tiga.

“Kalau PMK itu kan butuh proses ya, dalam arti makanya ada kendala. Kita masih pemeriksaan, nanti lewat sample tanahnya kita ambil biar jelas penyebabnya,” tuturnya. (Her/El)

Leave a Reply