Ziarah Pocut Meurah Intan Di Blora, Gubernur Aceh Siap Bantu Pemugaran Makam

Ziarah Pocut Meurah Intan Di Blora, Gubernur Aceh Siap Bantu Pemugaran Makam

BLORA, 17/3 (BeritaJateng.tv)  – Kunjungan kerja Gubernur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, MT., beserta istri dan beberapa Kepala SKPD terkait ke Kabupaten Blora pada Kamis (17/3/2022) dimulai dengan melakukan kegiatan ziarah ke Makam Pocut Meurah Intan.

Dengan didampingi Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., Gubernur Nova menziarahi makam pahlawan perempuan asal Aceh yang dimakamkan di Makam Keluarga Tegalsari, Desa Temurejo, Kecamatan Blora.

Lantunan doa dipanjatkan bersama sama dengan masyarakat sekitar di areal pemakaman. Duduk kursi di bawah pohon juwet dan kamboja yang rindang, keduanya bersama rombongan tampak khusyuk mendoakan mendiang Pocut Meurah Intan.

Usai doa bersama, dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga oleh Gubernur Nova Iriansyah bersama Bupati Arief Rohman. Turut mengikuti tabur bunga, istri Gubernur, dan istri Bupati.

Gubernur Nova, dalam sambutan singkatnya menyatakan rasa syukur dan ucapan terimakasih kepada Pemkab serta masyarakat Blora yang telah ikut menjaga dan merawat makam Pocut Meurah Intan.

“Alhamdulillah, akhirnya kami bisa ziarah ke Makam Pocut Meurah Intan. Sosok pahlawan dari Aceh yang kini tidak hanya milik Aceh tetapi milik Indonesia, dan milik masyarakat Blora. Terimakasih sudah menjaga dan merawat makam beliau,” ucap Gubernur Nova.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa Pemprov Aceh siap membantu pemugaran atau penataan kawasan Makam Pocut Meurah Intan di Kabupaten Blora ini.

“Sebagai bentuk penghormatan kami, InshaAllah kedepan Pemprov Aceh akan ikut membantu pemugaran makam Pocut Meurah Intan. Akan kami upayakan anggarannya dalam APBD Perubahan, kalau di Aceh namanya APBA (Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh),” ucap Gubernur Nova.

Disinggung tentang berapa besaran anggarannya saat doorstop media, Gubernur yang berperawakan tinggi ini pun belum bisa menyebutkan.

“Kita belum bisa sebut nominal, kita lihat dulu perencanaan nya nanti, kebutuhan nya apa saja. Disinkronkan dengan perencanaan Pemkab Blora, akan kita sinergikan. Namun khusus untuk kunjungan hari ini saya akan serahkan bantuan Rp 20 juta untuk penjaga dan pemelihara makam terlebih dahulu. Mohon saya titip Pak Bupati untuk dikawal,” sambung Gubernur Nova.

Dengan adanya pemugaran, dirinya berharap kedepan makam Pocut Meurah Intan bisa menjadi wisata ziarah dan membangkitkan pertumbuhan ekonomi untuk masyarakat sekitar.

“Kita ingin keberadaan makam Pocut ini juga bisa memberikan manfaat untuk masyarakat Blora. Selain itu kita juga akan mengusulkan Pocut Meurah Intan agar bisa ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh pemerintah pusat. InshaAllah semoga November nanti bisa dikabulkan, tentunya akan ada tim yang mengawal,” pungkas Gubernur Nova.

Sementara itu, Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., menyatakan bahwa saat ini juga sedang dilakukan penataan jalan masuk komplek makam dengan pemasangan paving agar peziarah bisa lebih nyaman.

“Pemkab Blora juga siap bersinergi dengan Pemprov Aceh untuk menata kawasan Makam Pocut Meurah Intan. Terimakasih Pak Gubernur atas responnya, kita juga siap untuk ikut mengusulkan beliau menjadi pahlawan nasional. Meskipun perjuangannya dilakukan di Aceh, namun beliau selama pengasingannya di Blora hingga meninggal juga berperilaku baik kepada masyarakat. Kita siap untuk mewujudkan cita-cita bersama ini,” kata Bupati Arief.

Usai ziarah, Gubernur Nova dan Bupati Arief melanjutkan perjalanan ke PEM Akamigas Cepu untuk mengisi kuliah umum. Turut hadir dalam acara ziarah adalah Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati ST., MM., Dandim Kodim 0721/Blora Letkol Inf. Andy Soelistyo Kurniawan Putro, S.Sos., M.Tr (Han), Sekda, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dinsos P3A, dan Forkompimcam Blora. (Her/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.