16 Remaja Terbaik Semarang Ikuti Jambore Nasional Pramuka

Semarang, 3/8 (BeritaJateng.tv) – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi melepas kontingen Pramuka Kota Semarang untuk mengikuti Jambore Nasional XI 2022 di Balaikota Semarang beberapa waktu lalu.

Hendi, sapaan akrab Wali kota itu pun mengajak para siswa perwakilan Kota Semarang untuk bersyukur dan tidak menjadikan hal tersebut sebuah beban.

“Seneng ya rasanya di sana ketemu banyak teman, pengalaman ini akan menjadi memori luar biasa yang tidak semua mengalami. Enam belas adek-adek ini orang-orang pilihan di antara ribuan remaja di Kota Semarang, maka jika menjadi orang pilihan Anda harus kuat, mandiri tidak boleh cengeng,” tutur Hendi.

Dirinya juga menghimbau kepada mereka agar menyampaikan keunggulan dan hal-hal menarik tentang Kota Semarang. Bagaimana pun juga, dalam Jambore tersebut mereka adalah duta yang berperan mengenalkan Kota Semarang di mata anggota pramuka nasional. Harapannya, dari sana akan terjalin persahabatan dari berbagai daerah yang bisa mempererat persatuan bangsa dan akan menunjang pembangunan di masa depan.

“Bagaimana kemudian adik-adik menganggap hal ini sebagai sebuah jaringan. Kita tidak tahu ke depan sepuluh tahun yang akan datang, jadi lebih baik hari ini berkawan sebanyak-banyaknya. Lebih baik hari ini kurangi atau bahkan hilangkan musuhmu. Jika sudah membina hubungan yang baik maka kekuatan jaringannya akan menjadi luar biasa. Anak-anak Pramuka yang hari ini hadir di Jambore Insya Allah akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa baik jadi pengusaha sukses, wali kota sampai jadi presiden,” lanjut Hendi yang kemudian diamini para siswa kontingen Pramuka.

Terakhir, dirinya berpesan kepada seluruh kontingen untuk selalu waspada dan menjaga diri. Termasuk menjaga kesehatan selama Jambore berlangsung dengan cara menjaga pola tidur, makan-makanan bergizi, hingga menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak mengingat kasus covid-19 kembali meningkat meski sudah lebih terkendali.

Sementara itu Ketua Kwarcab Pramuka Kota Semarang, Adi Trihananto, menjelaskan, Jambore Nasional akan dimulai pada tanggal 14-21 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan Cibubur. Adapun kontingen dari Kota Semarang terdiri dari 14 orang siswa-siswi dan 4 orang pendamping (2 putra dan 2 putri).

“Ada rombongan keluarga juga tetapi nanti tidak boleh masuk ke lokasi perkemahan. Terima kasih Bapak Wali kota, dan kami juga mohon doa restu dari seluruh masyarakat, mudah-mudahan kesehatan, keselamatan, dan semua rencana yang akan dilaksanakan ini bisa berjalan dengan baik, sehingga dapat membawa pulang hasil yang terbaik pula bagi Semarang,” ujar Adi.

Dikutip dari situs Jambore Nasional, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam Jambore Nasional XI Tahun 2022 mengarah kepada upaya pencapaian tujuan Gerakan Pramuka yaitu pembinaan spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik (SESOSIF) dalam rangka membentuk manusia yang berkarakter, berakhlak mulia dan mandiri. (Ak/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.