500 Narapidana Lapas Semarang Terima Remisi Lebaran, 5 Orang Langsung Bebas

500 Napi Lapas Semarang Terima Remisi Lebaran

SEMARANG, 2/5 (BeritaJateng.tv) – Sebanyak 500 narapidana atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang mendapatkan remisi Idul Fitri, Senin (02/05).

Penyerahan remisi diberikan secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan dan Kepala Lapas Semarang secara simbolis kepada narapidana setelah melakukan Salat Idul Fitri berjamaah di Masjid At-Taubah Lapas Semarang.

Kalapas Semarang, Tri Saptono Sambudji mengatakan, narapidana yang mendapatkan remisi meliputi pidana umum, pidana khusus seperti narkoba, teroris dan tipikor.

“Narapidana yang kami usulkan remisi terdiri dari 281 kasus pidana umum, 207 kasus narkoba, 3 kasus teroris, dan 9 kasus tipikor,” jelas Tri Saptono.

Remisi yang diberikan juga beragam antara 15 hari sampai 2 bulan. Adapun rincian usulan remisi ini adalah untuk yang RK I (pengurangan sebagian) berjumlah 500 Narapidana yang terdiri remisi 15 hari ada 40 orang, remisi 1 bulan ada 338 orang, remisi 1 bulan 15 hari ada 61 orang dan remisi 2 bulan ada 54 orang. Untuk yang menerima RK II (langsung bebas) ada 5 orang narapidana.

Lebih lanjut Kalapas menjelaskan bahwa remisi merupakan hak narapidana yang diberikan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan sesuai dengan Standar Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana (SPPN).

“Syarat harus berkelakuan baik yang dibuktikan tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam kurun waktu enam bulan terakhir, sudah membayar lunas denda dan uang pengganti bagi napi tipikor, serta mengikuti program pembinaan dengan baik,” jelas Kalapas.

Menurutnya, remisi para napi ialah bentuk penghargaan atas perubahaan perilaku narapidana selama menjalani hukuman di lapas atas perbuatannya. Selain itu juga untuk mempercepat proses reintegrasi sosial sehingga para narapidana dapat segera kembali ke kepada masyarakat. (Ak/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.