Scroll Untuk Baca Artikel
Politik

Baliho Kapolda Ahmad Luthfi Ramaikan Jateng, Pengamat Politik: Indikasi Maju Pilgub, Tak Sekadar Ucapan

×

Baliho Kapolda Ahmad Luthfi Ramaikan Jateng, Pengamat Politik: Indikasi Maju Pilgub, Tak Sekadar Ucapan

Sebarkan artikel ini
Ahmad Luthfi Pilgub
Baliho Kapolda Jateng Ahamd Luthfi di jalanan Semarang. (Made Dinda Yadnya Swari/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Ramainya baliho Kapolda Jawa Tengah, Ahmad Luthfi, memantik pertanyaan banyak pihak. Tak sedikit juga yang menilai baliho berisikan ucapan Hari Raya Idul Fitri bergambar Ahmad Luthfi itu mengarah ke bursa Pilgub Jateng 2024.

Tak terkecuali pengamat politik asal Universtas Diponegoro, Wahid Abdulrahman. Saat beritajateng.tv hubungi pada Minggu, 21 April 2024, Wahid menyebut baliho Ahmad Luthfi itu bukan ucapan Idul Fitri semata.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Ada indikasi [Pilgub Jateng 2024]. Saya kira itu bukan sekadar ucapan dari seorang Kapolda kepada masyarakat,” ujar Wahid.

Bukan tanpa alasan bagi Wahid menganggap Ahmad Luthfi menggunakan baliho besar yang tersebar di seluruh penjuru Jateng untuk mendongkrak elektabilitasnya. Hal ini berkaitan dengan baliho yang menurutnya masih jadi media ampuh untuk melakukan branding calon eksekutif maupun legislatif.

BACA JUGA: Belum Tentukan Cagub dari Internal, Partai Golkar Lirik Sosok Kapolda Jateng untuk Pilgub 2024

“Karena memang untuk mendongkrak popularitas, media luar ruangan seperti baliho dan spanduk itu masih sangat efisien dan efektif di Jateng. Melihat wilayah begitu luas, pemilih yang berada di pedesaan, pola konsumsi media baliho itu tepat,” sambungnya.

Lebih lanjut, baliho Ahmad Lutfhi itu sekaligus untuk menarik minat partai politik selain pemilih. Sebab, dalam memilih figur untuk maju Pilgub, partai politik tak hanya mengandalkan popularitas figur semata.

“Kebutuhan untuk berkoalisi dengan partai lain itu butuh figur yang tidak hanya bisa masyarkat terima dan populer, tapi bisa semua kalangan terima seperti elit partai,” terangnya.

Respons pengamat perihal Ahmad Luthfi yang maju Pilgub dari Golkar

Sosok Ahmad Luthfi tergadang-gadang akan maju dari Partai Golkar. Perihal ini, Wahid menyebut kemungkinan ini bisa terjadi.

Salah satu kemungkinan yang Wahid sebutkan ialah kader yang Partai Golkar Jateng usung belum memiliki elektabilitas ataupun prestasi yang luar biasa.

“Bisa saja tidak ada figur internal yang berprestasi maupun punya elektabilitas luar biasa. Sehingga, figur itu belum bisa menarik partai lain,” terangnya.

Lebih lanjut, kendati Golkar telah mengutus Bupati Kendal, Dico Ganinduto, untuk maju dalam Pilgub Jateng 2024, namun Wahid menilai eksistensi Dico belum mampu menarik minat partai lainnya.

Tinggalkan Balasan