Scroll Untuk Baca Artikel
Peristiwa

Bank Jateng Dukung Pelaksanaan Pesta Lomban 2023 Jepara

×

Bank Jateng Dukung Pelaksanaan Pesta Lomban 2023 Jepara

Sebarkan artikel ini
Sejumlah pejabat terkait melarung kepala kerbau dalam Pesta Lomban dan Pekan Syawalan 2023 di Jepara. (Humas Bank Jateng)

JEPARA, beritajateng.tv – Bank Jateng semakin mengokohkan komitmen mendukung pelestarian keragaman tradisi masyarakat Jawa Tengah. Salah satunya dengan ikut mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Pesta Lomban dan Pekan Syawalan 2023 gelaran Pemkab dan warga Jepara.

Rangkaian tradisi Lomban dan Pekan Syawalan tahun ini berlangsung pada Jumat dan Sabtu 28-29 April 2023.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

BACA JUGA: Kementerian PUPR Gandeng Bank Jateng Salurkan Dana BSPS 2023

Pesta Lomban dimulai dengan pemotongan kerbau. Sore harinya ada kegiatan ziarah ke Makam Cik Lanang, Kelurahan Bulu dan Makam Ki Ronggo di Kelurahan Ujungbatu. Malam harinya berlangsung pementasan wayang kulit di TPI Ujungbatu.

BACA JUGA: Bank Jateng-Pemkab Jepara Salurkan Bansos ke Tenaga Kependidikan Madin dan TPQ

Puncak rangkaian acara adalah larung kepala kerbau berlangsung pada Sabtu 29 April 2023. Acara berlanjut dengan Festival Kupat Lepet Pantai Kartini Jepara.

“Dalam pelaksanaan pesta Lomban dan Pekan Syawalan tahun ini, peserta wajib memperhatikan keselamatan pelayaran, mulai dari kelengkapan pelampung dan tidak melebihi kapasitas kapal,” papar Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara, Ida Lestari.

BACA JUGA: Bank Jateng Cabang Jepara Beri Layanan Enrollment ke Pensiunan

Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta melakukan larung kepala kerbau bersama Dandim Jepara, Kapolres Jepara, dan Sekda Jepara. Mereka menumpang perahu pembawa larungan kepala kerbau menuju tengah laut.

Tinggalkan Balasan