Bawaslu Blora Luncurkan Buku Metamorfosis Penegak Demokratis

Bawaslu Blora Luncurkan Buku Metamorfosis Penegak Demokratis

BLORA, 13/8 (BeritaJateng.tv) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blora, Jawa Tengah meluncurkan sebuah buku yang diberi judul Metamorfosis Penegak Demokrasi, Sabtu (13/8/2022) di ruang pertemuan sekretariat Bawaslu.

Bawaslu Blora mengundang sejumlah narasumber untuk memberikan masukan saran atas diluncurkanya buku tersebut.

Narasumber yang pertama Mohammad Nurasyidin seorang akademisi dari STAIM Al Muhammad Cepu yang juga anggota Panwaslu Kabupaten Blora 2008 dan Urip Daryanto selaku perwakilan mmedi, serta moderator kondang dari Dinkominfo Blora Teguh Rudiyanto, sejumlah media di Blora, serta tamu undangan lainya.

Ketua Bawaslu Blora Lulus Maryonan mengakui peluncuran buku perdana dari Bawaslu ini masih banyak kekurangan.

“Keterbatasan kami untuk mencari narasumber dan data. Ada yang sudah mendahului kita, belum ada data digital waktu itu, ” kata Lulus, Sabtu (13/8/2022).

Ditambahkan Lulus bahwa buku ini dibuat untuk memberikan pemhaman dan edukasi kepada pembaca atau masyarakat agar tahu keberadaan Bawaslu sebagai badan Pengawas penyelenggaran Pemilu di Blora.

“Agar masyarakat secara umum mengetahui apa saja tugas pengawasan kami, sejak berdirinya Pengawas pemilu 2004 hingga menjadi Badan, ” jelasnya.

Beberapa kritikan dan saran dilontarkan baik dari narasumber maupun dari media yang hadir.

Yang pertama muncul dari Urip Daryanto selaku perwakilan media, menyampaikan dari segi tampilan buku ini sudah layak, namun judul buku di sampul depan dengan yang di samping tidak sama.

Sementara Nurasyidin mengatakan banyak yang harus dibenahi dari segi kwalitasnya. Karena judulnya metamorfosis, ini adalah merupakan sejarah. Dari telur, kepompong, hingga tumbuh berkembangbiak.

Namun demikian ia pun memahami bahwa kesempurnaan adalah milik Tuhan, manusia tidak ada yang sempurna. Kritikan dan saran ini adalah untuk menuju kebaikan bersama agar lebih maju, dan masyarakat paham akan tugas, fungsi keberadaan pengawasan dalam penyelenggaraan Pemilu. (Her/El)

Leave a Reply