Scroll Untuk Baca Artikel
Cek Fakta

CEK FAKTA: Prabowo-Gibran Bubar Usai Jokowi Tahu Niat Capres No. 2

×

CEK FAKTA: Prabowo-Gibran Bubar Usai Jokowi Tahu Niat Capres No. 2

Sebarkan artikel ini
Prabowo-Gibran
Prabowo-Gibran tawarkan 18 Program Kerja jika terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden pada tahun 2024 nanti.(Instagram@prabowo)

SEMARANG, beritajateng.tv – Tak lama ini, beredar sebuah video yang menarasikan tentang Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka yang bubar.

Sebuah akun di Facebook mengunggah sebuah thumbnail video yang menarasikan bahwa Prabowo-Gibran bubar dan menyebut bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) murka setelah mengetahui niat menteri pertahanan (Menhan) itu.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Dalam video yang beredar tersebut, terdengar beberapa pendapat dari pengamat politik terkait kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi jika Prabowo menjadi presiden dan apa yang akan terjadi jika ia kalah dalam Pilpres 2024 mendatang.

BACA JUGA: CEK FAKTA: Penemuan KK Manipulatif Capai Ribuan Orang Jadi Indikasi Kecurangan Pemilu

Lebih lanjut, video pertama menampilkan Prof. Vedu R Hadiz yang menyampaikan opininya bersama dengan Rosi di KompasTV.

Tayangan kedua adalah opini yang disampaikan oleh Islah Bahrawi melalui kanal YouTube 2045TV.

Kemudian video ketiga adalah Prof. Ikrar Nusa Bhakti yang mengemukakan pendapatnya melalui kanal YouTube milik media Tribunnews.

Dalam video yang menunjukkan opini dari para pengamat politik, tidak ada dari mereka yang membahas soal bubarnya Prabowo-Gibran.

Hasil penelusuran ‘Prabowo-Gibran bubar’

Setelah di lakukan penelusuran lebih lanjut, narator yang ada dalam video tersebut hanya membacakan artikel opini dari laman Seaword.com yang membahas kemungkinan apa yang terjadi jika Prabowo Subianto menang dalam Pilpres 2024 mendatang.

Di samping itu, tidak ada pembahasan sama sekali tentang bubarnya Prabowo-Gilbran dalam Pilpres. Terlebih, menyebut nama Jokowi yang murka dengan niatan Menhan tersebut.

Faktanya, Prabowo-Gibran masih tetap menjadi pasangan Capres-Cawapres pada kontestasi Pilpres 2024 yang terbukti dengan kehadiran pasangan tersebut pada panggung debat Capres pada 12 Desember 2023.

Sebagai kesimpulan, kabar tentang paslon Prabowo-Gibran yang bubar dari Pilpres 2024 adalah tidak benar atau hoaks.

BACA JUGA: CEK FAKTA: Ganjar Pranowo Sebut Tak Adanya Fasilitas Kesehatan di Merauke, Benar?

Hal ini karena Prabowo-Gibran tetap menjadi pasangan Calon Presiden – Calon Wakil Presiden pada kontestasi Pemilihan Presiden 2024. Pada debat Capres yang KPU selenggarakan pada 12 Desember 2023, terlihat Prabowo-Gibran memasuki panggung debat bersamaan.

Keduanya kompak menggunakan baju berwarna biru sebagai atribut dalam acara tersebut.

Referensi:

Tinggalkan Balasan