Dinsos Siapkan Ruang Khusus Fasilitasi Disabilitas di Semarang

Kadinsos Kota Semarang, Heroe Soekendar.

Semarang, 4/9 (BeritaJateng.tv) – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang membuat sebuah ruang khusus bagi penyandang disabilitas di setiap kecamatan.

“Rencana awalnya nanti Kecamatan Tugu, Banyumanik dan Tembalang akan ada ruang khusus bagi penyandang disabilitas,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Semarang, Heroe Soekendar, Minggu (4/9).

Heroe menyebut, ke depan di tiap kecamatan akan memiliki ruang khusus disabilitas. Sementara, fasilitas akan menyesuaikan dengan mayoritas penyandang disabilitas di wilayah tersebut. Misalnya di Kecamatan Semarang Barat menyediakan ruang khusus bagi penyandang cerebal palsy.

“Misalnya di Banyumanik paling banyak disabilitas sensorik, lalu di tembalang untuk yang intelektual dan lainnya, nanti kita akan cari data secara lengkap agar bisa di klasifikasikan,” terangnya.

Berdasarkan data 6.340 penyandang disabilitas dan 689 tuna rungu di Kota Semarang. Ia mengaku akan bekerjasama dengan perusahaan yang memiliki anggaran Coorporate Social Responsibility (CSR).

“Misalnya saja kerjasama dengan mal agar penyandang disabilitas bisa mendapat diskon tertentu dengan menunjukkan kartu disabilitas yang dibuat oleh Dinsos,” jelasnya.  (Ak/Wl)

Leave a Reply