Event GIIAS Semarang Diharapkan Mampu Sumbang PAD Jawa Tengah

Pameran GIIAS Semarang 2022./foto: Ellya.

Semarang, 23/11 (BeritaJateng.tv) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berharap ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) menjadi pendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Jateng.

Hal tersebut lantaran PAD Jateng didominasi oleh pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, mengungkapkan harapan tersebut saat membuka gelaran perdana GIIAS di Marina Convention Center, Kota Semarang pada Rabu (23/11/2022).

“Jadi PAD kita itu yang terbesar dari pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor. Nah kegiatan GIIAS ini diharapkan mampu untuk mendorong itu,” ujar Sumarno.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah ditopang oleh konsumsi masyarakat. Sumarno memegaskan jika pembelian kendaraan bermotor semakin besar, maka ekonomi akan meningkat.

“Nah pembelian-pembelian kendaraan ini tentunya juga mendorong pertumbuhan konsumsi masyarakat tersebut. Bukan hanya soal jual beli saja, namun keterlibatan lembaga pembiayaan di GIIAS ini juga menjadi stimulan pertumbuhan kredit di Jawa Tengah,” jelas mantan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jawa Tengah tersebut.

Pemrpov Jateng sendiri, kata Sumarno, sedang gencar mengedukasi dan mensosialisasikan penggunaan kendaraan elektrik yang dipamerkan di GIIAS kali ini. Menurut Sumarno, kendaraan elektrik itu ramah lingkungan karena tidak mengkonsumsi BBM.

“Terkait kendaraan elektrik yang saat ini gencar dipasarkan. Kami tentunya mendukung itu. Karena kendaraan elektrik selain ramah lingkungan, juga tidak mengkonsumsi BBM yang saat ini sedang naik harhanya akibat dampak dari perang Ukraina-Rusia,” tuturnya.

Dalam rangka menyukseskan sosialisasi tersebut, Sumarno mengatakan bahwa Pemprov Jateng telah menganggarkan pengadaan kendaraan dinas elektrik di lingkungan Pemprov Jateng pada tahun 2023 kelak.

“Untuk pemerintah Provinsi Jawa Tengah sendiri kemarin sudah menganggarkan untuk pengadaan mobil dinas elektrik di tahun 2023,” ujarnya.

“Pengadaan-pengadaan kendaraan dinas elektrik ini juga bagian dari sosialisasi kepada masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara mengatakan jika Jawa Tengah menduduki empat besar pasar Otomotif Indonesia

“Besaran pasar otomotif Jateng kira-kira sebesar 8-9 persen. Jika digabung dengan Jogja maka mencapai 11 persen. Itu market yang luar biasa besarnya,” ujar Kukuh.

Ia mengungkapkan alasan pemilihan Jawa Tengah sebagai daerah tempat penyelenggaraan GIIAS, menurutnya industri otomotif Jawa Tengah memiliki potensi berkembang yang tinggi.

“Kehadiran GIIAS Semarang bukan tanpa alasan, pencatatan distribusi kendaraan bermotor Jawa Tengah pada tahun 2021 mencapai 8 persen dari distribusi secara nasional, dan saat ini Jawa Tengah berada di posisi 4 dalam pencapaian pertumbuhan penjualan domestik Indonesia periode 2018-2021, catatan tersebut menjadikan Semarang menjadi kota yang sangat potensial untuk pertumbuhan industri otomotif. Kami meyakini dengan penyelenggaraan GIIAS Semarang, akan mampu memberikan dorongan untuk pencatatan capaian industri otomotif di provinsi Jawa Tengah,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Jawa Tengah, atas berhasil terselenggaranya GIIAS Semarang. “Kami sampaikan apresiasi Kami kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, yang telah secara aktif memberikan dukungan dan arahan untuk penyelenggaraan GIIAS Semarang,” ucap Kukuh.

Seperti diketahui, rangkaian pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) The Series 2022 untuk pertama kalinya akan hadir di kota Semarang, Jawa Tengah.

GIIAS Semarang 2022 resmi dibuka hari ini, 23 November 2022. Pameran ini akan berlangsung selama lima hari hingga 27 November 2022, bertempat di Marina Convention Center.

GIIAS Semarang 2022 menghadirkan teknologi dan produk terbaru dari 9 merek kendaraan, yakni Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Mazda, Mitsubishi, Suzuki, Toyota dan Wuling. Enam merek sepeda motor juga akan memamerkan produk terkininya dari 6 merek, Benelli, Keeway, Exotic Bike, Pacific E-series, Polytron, dan United E-Motor.

Seluruh peserta GIIAS Semarang akan menampilkan teknologi dan produk terbaru, termasuk diantaranya adalah kendaraan berteknologi mutakhir, oleh karena itu GIIAS juga akan menjadi ajang yang memberikan wawasan dan edukasi terkini tentang industri otomotif.

Mulai hari pertama GIIAS Semarang, pengunjung dapat mencoba langsung mobil impiannya pada area test drive dan test ride dijalur yang mencapai panjang 2 kilometer, antara Marina Convention Center sampai Jalan Marina Raya.

Tidak hanya itu, pengunjung juga akan dibanjiri berbagai macam penawaran menarik dari peserta GIIAS Semarang. Pengunjung juga dapat bersantai pada area music corner yang terletak pada area outdoor pameran sambil menikmati beragam pilihan kuliner yang dapat dinikmati.

GIIAS Semarang 2022 akan dibuka mulai pukul 11.00 – 21.00 WIB pada hari kerja dan pukul 10.00 – 21.00 WIB pada akhir pekan. Tiket masuk GIIAS Semarang 2022 akan dijual secara langsung sepanjang pameran dengan harga Rp15.000 pada hari kerja dan Rp20.000 pada akhir pekan. (Ak/El)

Leave a Reply