Scroll Untuk Baca Artikel
JatengNews Update

Gapura Makam KH Sholeh Darat Ditarget Rampung Akhir Desember 2021

×

Gapura Makam KH Sholeh Darat Ditarget Rampung Akhir Desember 2021

Sebarkan artikel ini
Kepala Disperkim Kota Semarang, Ali ST.

SEMARANG, 16/12 (BeritaJateng.tv) – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang tengah membangun gapura makam tokoh ulama KH Sholeh Darat di kompleks TPU Bergota Semarang, yang direncanakan rampung akhir Desember 2021.

Kegiatan pembangunan rencananya akan berlanjut pada pelebaran jalan akses menuju makam KH Sholeh Darat pada 2022, dengan merapikan sejumlah makam.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Keinginan itu datang dari masyarakat dan kiai-kiai di Kota Semarang, mengingat KH Sholeh Darat merupakan seorang ulama besar ternama yang pernah menyebarkan agama Islam di daerah Pantura, khususnya Kota Semarang dan sekitarnya. Pelebaran jalan akses dinilai dapat memberikan keramahan bagi penyandang disabilitas, jika hendak berziarah ke makam tersebut.

Kepala Dinas Disperkim Kota Semarang, Ali, mengatakan, pelebaran jalan akan memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas, khususnya pengguna kursi roda dapat berziarah. Jadi, nantinya yang berkunjung tidak hanya bagi orang-orang biasa pada umumnya saja. Anggaran pembangunan diperkirakan mencapai Rp1 miliar hingga Rp1,5 miliar. Pelebaran jalan juga akan didahului dengan pemugaran bangunan makam.

”Kami mendapat saran agar penyandang disabilitas dapat diperhatikan, untuk memudahkan bila hendak berziarah ke makam KH Sholeh Darat. Kalau ini terwujud, maka akan menjadi pertama kalinya makam yang memiliki keramahan bagi penyandang disabilitas,” ujar dia, saat ditemui di kantornya, Kamis (16/12).

Hanya saja, tambah Ali, prioritas pemugaran makam didahulukan karena untuk menarik simpati dari ahli waris makam yang terkena pelebaran jalan akses tersebut.

Tinggalkan Balasan