Scroll Untuk Baca Artikel
Jateng

Gaungkan Kedaulatan Pangan, Ketua DPRD Jateng: Kunci Pentingnya Infrastruktur Pertanian

×

Gaungkan Kedaulatan Pangan, Ketua DPRD Jateng: Kunci Pentingnya Infrastruktur Pertanian

Sebarkan artikel ini
sumanto | Realokasi Anggaran
Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Sumanto, saat ditemui usai Rapat Paripurna di Gedung Berlian, Kantor DPRD Kota Semarang, Selasa, 17 Oktober 2023. (Made Dinda Yadnya Swari/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Sumanto menyebut peningkatan infrastruktur menjadi kunci penting untuk mewujudkan kedaulatan pangan.

“Prinsip kami dari DPRD kedepannya kalau ingin kedaulatan pangan tercapai, maka infrastruktur terkait dengan pertanian kemudian peternakan dan lain-lain harus dibenahi,” ujar Sumanto saat beritajateng.tv temui usai Rapat Paripurna di Gedung Berlian, Kantor DPRD Provinsi Jateng, Kota Semarang, Selasa 17 Oktober 2023.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Ia menyinggung Provinsi Jateng yang menjadi lumbung pangan nomor dua se-Indonesia. Namun ia menyebut posisi itu tak lantas membuat infrastruktur pertanian di provinsi ini telah tercukupi.

“Nanti harapannya kita betul-betul berdaulat dan bisa menyokong provinsi-provinsi lain,” terangnya.

Legislator yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jateng itu mengaku memang bukan sebuah proses yang mudah untuk meningkatkan infrastruktur, utamanya di bidang pertanian.

Meskipun begitu, pihaknya meyakini jika dilakukan dengan serius, Jawa Tengah dapat mandiri dan tidak bergantung pangan kepada daerah lainnya.

BACA JUGA: Antusiasme Warga Hadiri Pak Rahman Peringati Gerakan Pangan Murah di Semarang

“Jalannya memang panjang, tapi harus mulai dengan infrastruktur tentang masalah pertanian, pembuatan waduk itu harus diikuto embung-embung kecil,” ucapnya.

Waduk dan embung harus memadai untuk menampung air agar tak krisis di kala kemarau

Perihal infrastruktur, Sumanto menyinggung penyediaan waduk dan embung yang memadai akan dapat mengatasi kekeringan seperti yang terjadi saat ini.

Tinggalkan Balasan