Gelaran Semargres 2022 Targetkan Transaksi Penjualan Rp 500 Miliar

Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menempelkan tanda dimulainya Semargres 2022 di tenant-tenant pedagang.

SEMARANG, 20/7 (BeritaJateng.tv) – Gelaran Semarang Great Sale (Semargres) 2022 yang berlangsung 21 Juli hingga 20 Agustus 2022 ditargetkan bisa mencapai transaksi penjualan hingga Rp 500 miliar.

Hal ini berdasar realisasi Semargres 2021 lalu yang mencapai Rp308 miliar dengan diikuti 1500 tenant dengan total e-kupon yang terkumpul mencapai 453 ribu.

“Berdasar data realisasi tahun lalu, kami mencanangkan target transaksi Semargres 2022 sekurangnya Rp500 miliar, dua kali lipat dari sebelumnya. Sukur-sukur bisa tiga kali lipat hingga mencapai Rp1 triliun,” terang ketua Panitia Semargres 2022 R Ade Sasongko Pramudhito, Rabu 20 Juli 2022.

Pihaknya juga memasang target kunjungan wisata sekurangnya 15 ribu pengunjung.
Karenanya, beberapa event penunjang terus digelar sebagai rangkaian dari Semarang Great Sale.

Di antaranya adalah PHRI Vaganza 22-23 Juli 2022 di Balaikota Semarang yang salah satunya menggelar fun bike dengan hadiah sepeda motor.
Sedangkan pada 28-31 Juli akan digelar Openfest di Openaire Marina yang rencananya akan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S Uno.

Lalu di tanggal 12 Agustus akan digelar Semargres Smart City Festival di Kawasan Kota Lama.
Berlanjut di tanggal 13 Agustus 2022, bagi penggemar music jazz, Loenpia Jazz akan hadir di Lanumad A Yani.

Festival Ngopi di Semarang akan hadir di Sam Poo Kong yang akan memperebutkan Piala Wali Kota Semarang pada tanggal 14 Agustus 2022.

“Rangkaian Semargres akan ditutup pada 20 Agustus 2022 sekaligus pengundian hadiah dari seluruh e-kupon yang sudah terkumpul,” terang Dhito, panggilan akrabnya.

Ketua Umum Kadin Kota Semarang Arnaz Andrarasmara menegaskan Semargres) 2022 adalah menjadi ikon untuk mendongkrak perekonomian Kota Semarang. Terutama peningkatan ekonomi di sektor pariwisata.

Diikuti 1.500 tenant, Semargres 2022 selain diikuti mall dan pasar swalayan juga diramaikan dengan partisipasi 11 pasar tradisional, toko ritel, UMKM dan juga marketplace.

“Menparekraf rencananya akan menghadiri salah satu rangkaian Semargres 2022 di tanggal 28 Juli dalam event Openfest di Openaire,” imbuhnya.
Inisiator Semargres, Kukrit Suryo Wicaksono menuturkan, penyelenggaraan Semargres tahun ini masuk ke-11 tahun.

Tahun ini Semarges mempunyai arti yang sangat besar dibanding sebelumnya apalagi dii masa pemulihan setelah pandemi, salah satu ikon yang bisa mendongkrak ekonomi adalah pariwisata.
”Oleh sebab itu, diharapkan event Semargres ini dapat meningkatkan kembali industri pariwisata. Semargres diharapkan bisa mendatangkan turis dari luar kota Semarang,” tuturnya.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berharap bergulirnya Semargres dapat mendongkrak kesejahteraan warga dan pelaku ekonomi setelah 2 tahun terpuruk akibat pandemi.

Konsep Bergerak Bersama dalam Semargres 2022 yang digalang Kadin dan juga Pemkot Semarang serta pelaku ekonomi ini diyakininya akan membawa roda perekonomian warga berputar.

“Semargres sangat memberikan kontribusi bagi kemajuan Kota Semarang terutama di sektor ekonomi mulai dari penyerapan tenaga kerja, tranksasi penjualan. Semoga soliditas ini terjaga baik karena mengelola organisasi sebesar Kadin ini pasti penuh tantangan. Semoga terus dapat bersinergi dengan Pemkot Semarang dalam menggulirkan ekonomi masyarakat,” tegasnya. (Ak/El)

Leave a Reply