Scroll Untuk Baca Artikel
EkbisJateng

Gratis Naik BRT Trans Semarang Bagi Pemudik

×

Gratis Naik BRT Trans Semarang Bagi Pemudik

Sebarkan artikel ini

Layanan gratis naik BRT Trans Semarang yang dikhususkan bagi para pemudik

Layanan gratis naik BRT Trans Semarang yang dikhususkan bagi para pemudik di Pelabuhan dan Terminal Semarang. (Ellya - beritajateng.tv)

SEMARANG (beritajateng.tv) – Pemkot Semarang memberikan pelayanan untuk para pemudik mulai 19-21 April 2023. Layanan gratis yang diberikan adalah gratis naik BRT Trans Semarang yang dikhususkan bagi para pemudik.

Layanan Malam Pelabuhan beroperasional mulai pukul 17.30 – 23.00 WIB, dilayani dengan 3 armada dengan waktu tunggu 15 – 20 menit.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kepala Badan Layanan Umum Unit Pelaksana Teknis Dinas Trans Semarang, Hendrix Setiawan mengungkapkan dioperasionalkannya Layanan Malam Pelabuhan tersebut sebagai transportasi lanjutan sehubungan dengan program mudik gratis menggunakan kapal laut.

“Dinas Perhubungan Kota Semarang, dalam hal ini BLU UPTD Trans Semarang merespon program mudik gratis tersebut dengan mengoperasionalkan sejumlah armada dan menambah jam layanan untuk rute pelabuhan,” tutur Hendrix.

Lebih lanjut Hendrix menjelaskan penumpang dari Pelabuhan dapat langsung menuju pusat Kota Semarang seperti di Simpang Lima dan Tugumuda.

“Penumpang juga bisa transit di Halte Simpang Lima untuk tujuan Mangkang dengan menggunakan Layanan Malam Mangkang – Simpang Lima,” imbuhnya.

Armada akan berhenti di Halte Kedatangan Penumpang. Selanjutnya rute yang ditempuh  dari Pelabuhan yaitu melewati jalan Ronggowarsito – jalan Pengapon – jalan Raden Patah – jalan Dr. Cipto – Simpang Milo – jalan Brigjen Katamso – jalan Ahmad Yani – Simpang Lima – jalan Pandanaran – Tugumuda – jalan Imam Bonjol – Stasiun Poncol – Layur – Stasiun Tawang – jalan Ronggowarsito – Pelabuhan Tanjung Emas.

“Selanjutnya pada Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah Hari Sabtu 22 April 2023, Trans Semarang tetap beroperasional dengan waktu awal Layanan mulai pukul 10.00 WIB dari semua titik keberangkatan, ” jelasnya.

“Pada Hari kedua lebaran Minggu 23 April 2023 waktu layanan kembali normal,” pungkasnya.

Senada, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Endro P. Martanto menerangkan untuk layanan gratis naik Trans Semarang ini dengan rute Mangkang-Simpanglima dan juga Pelabuhan-Simpanglima.

Sementara untuk syaratnya yakni pemudik harus menunjukan tiket bus atau tiket kapal laut yang ditumpanginya.

“Jadi ini adalah bagian pelayanan untuk kemudahan aksesibilitas bagi penumpang yang turun di terminal atau pelabuhan,” kata Endro.

Bahkan ia menambahkan jika layanan malam Trans Semarang juga tersedia untuk mengakomodir pemudik yang tiba di Semarang pada malam hari.

Tinggalkan Balasan