Scroll Untuk Baca Artikel
EkbisNews Update

Hyperlocal Tokopedia Dorong Peningkatan Transaksi UMKM di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara

×

Hyperlocal Tokopedia Dorong Peningkatan Transaksi UMKM di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara

Sebarkan artikel ini

Jakarta, 24/9 (BeritaJateng.tv) – Jawa, Bali, Nusa Tenggara (Nusra) tercatat sebagai wilayah dengan kenaikan transaksi dan penjual pada periode Agustus 2022 dibandingkan Agustus 2021 di Tokopedia.

Menurut temuan Tokopedia, peningkatan tersebut didorong oleh program inisiatif hyperlocal yakni Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Kampanye PASTI (Paket Sehari Tiba), Dilayani Tokopedia (DT) dan Mitra Tokopedia yang meningkat signifikan.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Regional) Tokopedia, Rizky Juanita Azuz mengatakan, “Tokopedia mencatat Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, D.I Yogyakarta dan Jawa Timur sebagai wilayah dengan penjual tertinggi selama 3 bulan terakhir (Juni, Juli, Agustus) 2022 di wilayah Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.”

Di sisi lain, Head of RGX Central Tokopedia, Nafisah Wulandari mengatakan, tercatat juga bahwa jumlah penjual yang bergabung pada program KTP (Kumpulan Toko Pilihan) di wilayah Semarang, naik 4x lipat, Solo naik lebih dari 6x lipat, sementara Yogyakarta jumlah penjual naik lebih dari 8x lipat.

M”eningkatnya jumlah penjual turut mendorong peningkatan transaksi pada program KTP. Wilayah Bandung misalnya, transaksi KTP meningkat hampir 2x lipat, Solo meningkat lebih dari 2x lipat, dan Yogyakarta naik lebih dari 4x lipat,” kata Nafisah.

Inisiatif hyperlocal juga berkontribusi terhadap penemuan menarik lain yang juga berkaitan dengan kebiasaan belanja online masyarakat Jawa, Bali, dan Nusra. Kategori dengan peningkatan penjualan paling pesat selama 3 bulan terakhir (Juni, Juli, Agustus 2022), antara lain,
1. Jawa Barat: Obat Herbal, Android Os, Kaos Pria, Makanan Kucing, Disposable Consumable.

2. Jawa Tengah: Kaos Pria, Obat Herbal, Android Os, Disposable Consumable, Popok Sekali Pakai.
Jawa Timur: Tissu, Android Os, Obat Herbal, Disposable Consumable, Soft Case Handphone.

Tinggalkan Balasan