Scroll Untuk Baca Artikel
Uncategorized

Imbas Viral Serial Netflix ‘Gadis Kretek’, Kunjungan Museum Kretek di Kudus Melonjak Tinggi

×

Imbas Viral Serial Netflix ‘Gadis Kretek’, Kunjungan Museum Kretek di Kudus Melonjak Tinggi

Sebarkan artikel ini
Museum Kretek
Seorang pengunjung tengah mengamati koleksi rokok dari berbagai merek yang dipajang di Museum Kretek Kudus, Jawa Tengah.

KUDUS, beritajateng.tv – Penayangan serial film “Gadis Kretek” di Netflix berdampak pada tingkat kunjungan ke Museum Kretek di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Pasalnya, kunjungan di museum itu mengalami kenaikan daripada sebelum adanya penayangan film tersebut.

“Jumlah kunjungan pada akhir pekan bisa mencapai 200-an orang per harinya. Bahkan, pada hari kerja juga banyak pengunjung yang merupakan rombongan dari berbagai daerah yang ingin melihat secara langsung museum kretek tempat pengambilan film (Gadis Kretek),” ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum Kretek Kudus, Sudarman, Jumat, 17 November 2023.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Sebelum ada penayangan film itu, kata Sudarman, pengunjung pada hari kerja sangatlah jarang, dan lebih banyak pada hari Sabtu dan Minggu. Namun, setelah adanya film “Gadis Kretek” lantas terjadi peningkatan pengunjung.

Ia mencontohkan, pada tanggal 12 November 2023 yang merupakan hari Minggu, jumlah pengunjung museum hanyalah 40 orang. Namun, setelah pemutaran film “Gadis Kretek” dan banyak yang melihat, kini jumlahnya meningkat hingga 200-an orang.

BACA JUGA: Kumpulan Quotes Gadis Kretek Versi Serial dan Novel, Makna Terdalam Bikin Baper!

Peningkatan pengunjung tersebut, imbuhnya, terlihat dari ramainya pengunjung tidak hanya pada akhir pekan, melainkan pada hari kerja juga masih ada pengunjung. Bahkan, obrolan para pengunjung juga mengaitkannya dengan tayangan film tersebut.

Adrian, salah satu ketua rombongan dari Karawang, mengakui kunjungannya ke Museum Kretek Kudus bersama 30 orang rekan kerjanya sebetulnya bukan tujuan utama. Akan tetapi, lanjut Adrian, lantaran sebagian besar sudah menonton film “Gadis Kretek”, akhirnya tujuan factory visit di Kudus berlanjut ke Museum Kretek.

“Hampir semua anggota rombongan baru pertama mengunjungi museum ini. Penilaian mereka juga positif. Bahkan sebagian besar juga perokok sehingga mereka tentu baru mengetahui proses pembuatan rokok era dahulu,” ujar Adrian.

BACA JUGA: Siapa Jeng Yah Sebenarnya? Ini 4 Karakter Dasiyah ‘Gadis Kretek’

Kunjungi Museum Kretek seusai tonton serial Gadis Krtetek

Sementara itu, Tiyas bersama suaminya Zaka juga mengakui mengunjungi Museum Kretek setelah bersama suaminya menonton film “Gadis Kretek” di Netflix.

Tinggalkan Balasan