Scroll Untuk Baca Artikel
Jateng

Jaga Keamanan Data dan Informasi Siber Pemkab Semarang, Bupati Semarang Luncurkan CSIRT & Command Center

×

Jaga Keamanan Data dan Informasi Siber Pemkab Semarang, Bupati Semarang Luncurkan CSIRT & Command Center

Sebarkan artikel ini
csirt
Demi menjaga keamanan data dan informasi siber Pemkab Semarang, Bupati Semarang meresmikan peluncuran CSIRT dan Command Center. (Arie Budi Kristanto WIbowo/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Bupati Semarang H. Ngesti Nugraha meresmikan computer security incident response team (CSIRT) untuk menjaga keamanan data dan informasi siber pemerintah Kabupaten Semarang.

CSIRT ini akan menyediakan pelayanan dalam mencegah, menanggulangi, dan menanggapi insiden keamanan siber.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Peresmian itu bertanda penyerahan sertifikat CSIRT oleh Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hasto Prastowo kepada Bupati Semarang. Acara tersebut berlangsung di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang di Ungaran, Selasa(16/5/2023).

Turut menyaksikan peresmian CSIRT, perwakilan Diskominfo Jawa Tengah, perwakilan Diskominfo se-eks-Karesidenan Semarang, para Camat, dan OPD terkait.

Dalam sambutannya Bupati Semarang H. Ngesti Nugraha menegaskan peresmian ini telah pihaknya nantikan sejak lama. Ia berharap kerja sama dengan BSSN guna menciptakan keamanan data dan informasi siber dapat meningkat di masa mendatang.

“Keutuhan data dalam satu basis terpadu dapat mendukung pengambilan keputusan yang tepat dan bermanfaat bagi masyarakat,” tandasnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Semarang, Wiwin Sulistyowati mengungkapkan CSIRT merupakan tim yang menjadi wadah untuk merespons apabila terdapat ancaman dan serangan di bidang siber. Selain itu, tim tersebut juga untuk penguatan pengamanan informasi di Kabupaten Semarang.

Tinggalkan Balasan