Scroll Untuk Baca Artikel
Kuliner

Jangan Lewatkan Lima Kuliner ini Saat Mudik Lewat Jalur Pantura, Nikmatnya Makanan Khas Brebes hingga Pemalang

×

Jangan Lewatkan Lima Kuliner ini Saat Mudik Lewat Jalur Pantura, Nikmatnya Makanan Khas Brebes hingga Pemalang

Sebarkan artikel ini
makanan kuliner pantura
Sate Blengong dan Kupat Glabed Khas Brebes (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

PANTURA, beritajateng.tv – Hingga saat ini, pantai utara atau Pantura masih menjadi jalur yang ramai pemudik lintasi selama arus mudik dan balik lebaran Idul Fitri.

Tak lengkap rasanya jika melewati kabupaten/kota di jalur Pantura Jawa Tengah tanpa mencicipi kuliner khasnya.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Jika kamu termasuk pemudik yang melintasi jalur Pantura Jawa Tengah, tak ada salahnya mencicipi lima rekomendasi makanan berikut sembari beristirahat setelah perjalanan panjang.

 1. Sate Kambing Khas Tegal

Berbeda dengan sate kambing di wilayah lain, sate kambing Tegal memiliki keunikan tersendiri. Mengutip dari laman jatengprov.go.id, masyarakat Tegal biasanya memilih jenis kambing muda yang berumur 3-5 bulan. Hal itu  membuat dagingnya terasa lebih empuk dan nikmat. Tak hanya itu, proses memasaknya pun tidak memakan waktu terlalu lama untuk mempertahankan tekstur juicy dalam sajian tersebut.

Adapun bumbu yang masakan ini masih sama dengan olahan satai pada umumnya, yakni kecap manis. Seporsi sate kambing khas Tegal kemudian tersajikan bersama dengan irisan bawang merah dan tomat segar.

BACA JUGA: Ga Melulu Sop Ayam, Ini 5 Kuliner Mantap yang Wajib Kamu Coba saat Mudik ke Klaten!

Beberapa rekomendasi sate kambing yang ada di Tegal di antaranya adalah Warung Makan Sate Tirus H. Sakya, Warung Sate Kambing Wendy’s, Warung Sate Sari Mendo, dan Warung Sate Cempu Lemu.

 2. Soto Tauco Khas Tegal

Melintasi jalur Pantura Jawa Tengah di kala hujan? Soto Tauco Khas Tegal bisa menghangatkan badanmu. Soto tauco khas Tegal identik menggunakan irisan babat. Namun jika tak menyukainya, soto tauco banyak yang menggunakan irisan daging sapi maupun daging ayam.

Seperti namanya, yang membedakan soto tauco dengan soto lainnya adalah adanya tambahan tauco sebelum sajian soto ini tersiram dengan kuah rempah.

 3. Sate Blengong dan Kupat Glabed Khas Brebes

Jika Tegal memiliki sate unik dengan kambing pilihannya, Brebes pun tak ingin kalah. Ketika kamu mudik dari arah barat, maka Brebes menjadi wilayah Jawa Tengah pertama yang akan kamu kunjungi. Sate blengong tak bisa kamu lewatkan jika sudah berkunjung ke Brebes.

Tinggalkan Balasan