Scroll Untuk Baca Artikel
Kesehatan

Jelang Hari Raya Qurban, Anggota Kodim Demak Lakukan Vaksinasi Cegah PMK

×

Jelang Hari Raya Qurban, Anggota Kodim Demak Lakukan Vaksinasi Cegah PMK

Sebarkan artikel ini
Anggota Kodim Demak
Anggota Kodim Demak Sertu Kusnandar bersama Dinas Peternakan melaksanakan pemberian Vaksin pada hewan ternak milik warga untuk mencegah penyakit mulut dan kuku jelang Hari Raya Qurban, Kamis (25/5/2023). (Wisnu Budi/beritajateng.tv)

DEMAK, beritajateng.tv – Anggota Kodim Demak bersama Dinas Peternakan melakukan pemberian Vaksin pada hewan ternak milik warga untuk mencegah penyakit mulut dan kuku jelang Hari Raya Qurban, Kamis (25/5/2023).

Anggota Kodim Demak melaksanakan pendampingan pemberian vaksin untuk ternak warga.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Hal ini untuk mengantisipasi merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) menjelang Hari Raya Idul Adha.

Vaksinasi PMK di gelar oleh Dinas Peternakan Kabupaten Demak menggandeng anggota Kodim Demak. Bertempat di Desa Mangunrejo Kecamatan Kebonagung, Kamis (25/5/2023).

Pemerintah tengah gencar memberantas adanya wabah penyakit virus pada Hewan Ternak akut PMK yang tersebar di berbagai daerah. PMK tergolong penyakit menular yang rentan menyerang pada hewan berkuku belah/genap seperti halnya sapi.

Pencegahan penularan PMK di lakukan dengan cara mencuci kandang, peralatan, kendaraan. Dan bahan-bahan lain yang memungkinkan bisa menularkan PMK dengan deterjen atau desinfektan.

Anggota Kodim Demak, Sertu Kusnandar mengatakan, sedini mungkin harus di ketahui bahwa gejala hewan ternak terkena PMK. Yaitu ternak terlihat demam tinggi, menggigil mengalami tidak nafsu makan (anorexia). Serta penurunan produksi susu yang drastis pada sapi perah, keluar air liur berlebihan.

Tinggalkan Balasan