Scroll Untuk Baca Artikel
Opini

Lailatul Qadar 2023, Siap Menyambutnya?

×

Lailatul Qadar 2023, Siap Menyambutnya?

Sebarkan artikel ini
lailatul qadar 2023
Ilustrasi. Kemulian malam lailatul qadar karena banyaknya keberkahan didalamnya. Kapankah malam lailatul qadar 2023? Sumber: freepik.

SEMARANG, beritajateng.tv – Umat Muslim di seluruh dunia sangat menunggu kedatangan bulan Ramadhan. Selain bulan penuh ampunan, bulan Ramadhan juga memiliki malam yang sangat spesial, malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Tak heran jika banyak umat muslim yang memburu malam lailatul qadar. Lantas, kapankah malam lailatul qadar 2023?

Lailatul qadar sebagai malam kemuliaan adalah malam yang sangat penting dalam agama Islam. Salah satu hikmah kemuliaan malam ini yakni turunnya Al-Qur’an. Umat muslim percaya bahwa pada malam ini, ayat-ayat pertama Al-Quran diwahyukan kepada Nabi Muhammad oleh Malaikat Jibril. Maka dari itu, malam ini menjadi malam yang penuh berkah. Segala kebaikan pada malam ini akan berlipat ganda pahalanya. Sebagaimana dalam Q. S. Al-Qadr: 1-4. Maka sangat merugi apabila tidak memaksimalkan malam Ramadhan untuk mendapatkan lailatul qadar 2023.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Umat muslim biasanya menghabiskan malam dengan berdoa, membaca Al-Quran, dan memohon ampunan atas dosa-dosa mereka.

Prediksi Lailatul Qadar 2023

Meskipun tanggal pasti lailatul qadar 2023 tidak dapat kita ketahui secara pasti, tetapi Rasulullah Saw mengarahkan agar umat muslim mencari malam lailatul qadar pada salah satu malam ganjil dari sepuluh hari terakhir Ramadan. Malam ke-21, ke-23, ke-25, ke-27, atau ke-29. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw.

Diceritakan oleh Aisyah (RA) bahwa Rasulullah (SAW) mengatakan:

“Carilah malam lailatul qadar di malam-malam ganjil pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.”

(H.R. Bukhari)

Pertanyaannya, mengapa malam lailatul qadar 2023 tidak dijelaskan secara pasti kapan terjadinya? Menjawab pertanyaan tersebut, Imam Fakhru ar-Razi dalam Tafsir Mafatih al-Ghaib mentafsirkan hikmah tersembunyinya malam lailatul qadar. Ar-Razi berkata:

“Allah merahasiakan jatuhnya malam lailatul qadar sebagaimana Dia merahasiakan perkara-perkara lainnya (seperti rejeki, kelahiran dan kematian) adalah bahwa Dia merahasiakan ridanya atas ketaatan kaum muslim agar mereka istiqomah beribadah dalam sebulan penuh untuk mendapatkan malam yang keutamaannya melebihi seribu bulan. Allah juga menyembunyikan waktu-waktu mustajabnya doa agar hamba-Nya tidak berhenti berdoa.”

Lantas, apa yang dapat kita lakukan pada sepuluh malam terakhir Ramadhan?

Amalan-amalan atau ibadah sunah yang bisa kita amalkan pada malam terakhir Ramadhan yakni sebagai berikut.

5 Amalan Sunah Menyambut Malam Lailatul Qadar 2023

1. Membaca Al-Qur’an dan Dzikir

Kualitas dan kuantitas ibadah selama sepuluh malam terakhir haruslah semakin meningkat. Semangat beribadah dapat terlihat dari keaktifan menghidupkan malam-malam Ramadhan. Salah satu amalan yang bisa menghidupkan malam Ramadhan yakni memperbanyak membaca Al-Qur’an dan dzikir.

Dalam riwayat dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata:

كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا دَخَلَ اَلْعَشْرُ -أَيْ: اَلْعَشْرُ اَلْأَخِيرُ مِنْ رَمَضَانَ- شَدَّ مِئْزَرَهُ, وَأَحْيَا لَيْلَهُ, وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ –

Artinya: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa ketika memasuki sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, beliau kencangkan sarungnya (bersungguh-sungguh dalam ibadah dengan meninggalkan istri-istrinya), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk beribadah.” (HR Bukhari nomor 2024 dan Muslim: 1174).

2. Mengamalkan Doa Malam Lailatul Qadar

Dalam riwayat dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Aku pernah bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Tinggalkan Balasan