Scroll Untuk Baca Artikel
Gaya HidupHeadline

Lakukan 8 Tips Ini Ketika Pegal saat Perjalanan Mudik

×

Lakukan 8 Tips Ini Ketika Pegal saat Perjalanan Mudik

Sebarkan artikel ini
tips mudik
Ilustrasi gerakan peregangan disela perjalanan mudik. (PB IDI)

YOGYAKARTA, beritajateng.tv – Mudik lebaran adalah momen yang dinantikan oleh banyak orang untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

Namun, perjalanan mudik yang berlangsung lama dapat menyebabkan pegal-pegal pada tubuh. Hal tersebut dapat dikarenakan duduk terlalu lama dan kurangnya tubuh bergerak.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Dr. dr. Listya Tresnanti Mirtha, SpKO, CCD, Subsp.APK(K), dokter spesialis kedokteran olahraga dan Ketua Bidang Penelitian Pengembangan dan Survei Keprofesian Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) membagikan beberapa tips persiapan fisik yang dapat pemudik lakukan sebelum perjalanan.

BACA JUGA: Mau Mudik Aman dan Selamat? Baca Doa Ini untuk Perjalanan Jauh

Menurutnya, persiapan fisik yang baik mampu memperkuat stamina tubuh dan menghindarkan tubuh dari penyakit yang dapat muncul selama perjalanan panjang mudik lebaran. Persiapan fisik dapat pemudik lakukan sebelum keberangkatan, selama perjalanan, selama di tempat tujuan, hingga setelah kepulangan.

“Latihan fisik ringan setelah sahur atau sholat subuh seperti jalan kaki atau lari selama 10-15 menit maksimal 30 menit. Latihan-latihan ringan ini memiliki komposisi 70 persen latihan kardiorespirasi dan 30 persen latihan penguatan,” jelas dr Listya yang akrab dipanggil dr Tata.

BACA JUGA: 6 Hal yang Harus diperhatikan Ketika Berkendara Saat Mudik

Selain itu, juga dapat melakukan olahraga pada waktu sore hari. Olahraga sore hari memiliki intensitas yang lebih berat dengan durasi 30 menit hingga 2 jam.

Sedangkan selama perjalanan mudik, dr Tata memberikan beberapa tips gerakan peregangan ringan yang dapat membantu tubuh rileks sejenak.

1. Gerakan Kepala
Rebahkan kepala ke arah kanan, sentuhlah tangan kanan pada kepala bagian kiri, lalu tekan ke arah kanan. Lakukan gerakan kebalikan.

Tinggalkan Balasan