Scroll Untuk Baca Artikel
Viral

Lama Pensiun, Ini Kisah Mbah Melan Ajar Matematika via Live TikTok, Per Bulan dapat 10-11 Juta!

×

Lama Pensiun, Ini Kisah Mbah Melan Ajar Matematika via Live TikTok, Per Bulan dapat 10-11 Juta!

Sebarkan artikel ini
Mbah Melan
Mbah Melan, seorang pensiunan guru yang viral lantaran mengajar matematika lewat live TikTok, saat berbincang di podcast Close the Door. (Sumber: YouTube/Deddy Corbuzier)

SEMARANG, beritajateng.tv – Baru-baru ini lagi viral di medsos sosok Mbah Melan (78) yang memberikan sesi belajar matematika di siaran langsung atau live TikTok.

Lelaki bernama asli Melan Achmad ini merupakan pensiunan guru matematika yang asalnya dari Purworejo, Jawa Tengah. Usai pensiun, ia aktif membagikan videonya mengajar matematika via akun TikTok miliknya, @binaprestasiswa.

Deddy Corbuzier pun sampai mengundangnya di podcast Close the Door untuk bercerita lebih lanjut terkait aktivitas mengajarnya di TikTok selama ini.

Bahkan, Deddy menganggap dirinya sebagai seorang pahlawan karena usahanya untuk mencerdaskan anak bangsa di medsos.

Pada kesempatan itu, Mbah Melan menuturkan bagaimana ia bisa mengajar di platform medsos berbasis video tersebut.

BACA JUGA: Profil Mbah Melan, Sosok Pensiunan Guru Matematika Viral asal Purworejo Beri Sesi Belajar Gratis di TikTok

“Tadinya mau mendirikan bimbel (bimbingan belajar), tapi kok sarana-prasarana gak mendukung. Terus [bikin] video [mengajar], tapi lama prosesnya, [harus] edit, edit, edit,” ungkap Melan di dalam podcast, Selasa, 11 Juni 2024.

Ia pun menyebut awal mula metode belajarnya itu berasal dari tantangan anak-anaknya untuk melakukan live mengajar matematika di TikTok.

“Dari anak-anak [saya] itu bilang, ‘Mbah, kalau live bagaimana, berani, ndak?’ Berani, siapa takut,” ucapnya mantap.

Tak langsung beroleh sambutan yang semarak, ia mengaku di awal-awal penontonnya di TikTok hanya sedikit. Namun, berkat algoritma TikTok, upayanya pun menjadi viral dan mendapat banyak tanggapan.

Tinggalkan Balasan