Scroll Untuk Baca Artikel
Jateng

Ombudsman Rilis 5 Kabupaten Jateng dengan Pelayanan Publik Terbaik, Mana Saja?

×

Ombudsman Rilis 5 Kabupaten Jateng dengan Pelayanan Publik Terbaik, Mana Saja?

Sebarkan artikel ini
Ombudsman
Anggota Ombudsman RI, Robert Na Endi Jaweng saat menyerahkan penghargaan kepada kepala daerah di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Senin 18 Desember 2023. (Made Dinda Yadnya Swari/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tvOmbudsman RI Perwakilan Jawa Tengah merilis 5 kabupaten dan 3 kota yang menempati zona hijau atau kualitas tertinggi dengan kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2023.

Adapun data itu pihak Ombudsman sampaikan dalam acara ‘Opini Pengawasan Ombudsman RI 2023’ di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Senin 18 Desember 2023.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Untuk 5 kabupaten dengan pelayanan terbaik di Jateng yakni Kabupaten Sukoharjo dengan skor penilaian 97,41 yang menduduki posisi pertama. Lalu Kabupaten Banyumas dengan skor 96,98, Kabupaten Karanganyar dengan skor 96,73, Kabupaten Cilacap dengan skor 96,52, dan Kabupaten Semarang dengan skor 96,34.

Sementara itu, kota dengan pelayanan terbaik se-Jateng jatuh kepada Kota Magelang dengan perolehan skor 98,17. Kemudian Kota Pekalongan di posisi kedua dengan skor 97,46 dan Kota Surakarta dengan skor 96,91 di posisi ketiga.

“Ombudsman melakukan pengukuran setiap tahun sejak 2015 dan yang diukur sisi birokrasi serta pelayanan publiknya, birokrasi itu terkait dimensi input, proses pelayanan publik itu kan sudah kelihatan,” ujar Anggota Ombudsman RI, Robert Na Endi Jaweng usai beritajateng.tv temui selepas rapat koordinasi (Rakor).

Menurut keterangannya, sejak tahun lalu, Provinsi Jateng sudah mencapai zona hijau. Hanya saja, lanjut Endi, Kabupaten Purworejo pada saat itu masih menyentuh zona kuning.

BACA JUGA: Anggaran Pendidikan Tak Pas Hingga Ada Kepsek Belum S1, Ini Catatan Hitam Ombudsman Jateng untuk Purworejo

“Kita sampaikan sosialisasi apa yang perlu di perbaiki, sekarang semua sudah hijau. Jadi dari sisi kepatuhan terhadap standar pelayanan publik, paling tidak sudah berada di posisi signifikan, cukup bagus,” paparnya.

Bahkan, pihaknya mengapresiasi Kota Magelang yang pelayanannya semakin baik dari tahun ke tahun. Sayangnya, hal ini berbanding terbalik dengan Kabupaten Magelang yang menurut keterangannya mendapat poin terendah se-Jateng.

Tinggalkan Balasan