Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineNews UpdateOlahraga

Pandawa Duathlon 2022 Semarang, Inovasi Baru Olahraga Penggabungan Lari dan Sepeda

×

Pandawa Duathlon 2022 Semarang, Inovasi Baru Olahraga Penggabungan Lari dan Sepeda

Sebarkan artikel ini
Ratusan Peserta Pandawa Duathlon 2022 Semarang Berlari di Kawasan BSB

Semarang, 16/10 (BeritaJateng.tv) – Inovasi dan ide baru muncul dalam bidang olahraga. Yang terbaru di Kota Semarang yakni Duathlon Race yakni penggabungan olahraga lari dan bersepeda.

Pandawa Eatery & Liquor Shop sukses menggelar event multi sport Pandawa Duathlon 2022 semarang, pada Sabtu (15/10/2022) di Kawasan Bukit Semarang Baru (BSB).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Sebanyak 150 peserta dari berbagai Kota di Indonesia ikut memeriahkan Pandawa Duathlon 2022 menggabungkan kombinasi dua olahraga yang sedang populer di masyarakat, yakni run (lari) dan bike (sepeda).

Ketua Panitia Pelaksana Event Pandawa Duathlon 2022, Widhiatmoko mengatakan, setiap peserta Pandawa Duathlon 2022 menyelesaikan tiga rangkaian race yang wajib dilalui secara rally yakni lari 5 kilometer, sepeda 20 kilometer dan diakhiri lari 3 kilometer. Sehingga total jarak yang ditempuh dalam Pandawa Duathlon kali ini adalah 28 kilometer.

Mereka melintasi race dengan nuansa view alam yang masih sejuk di kawasan BSB, dari melintasi hutan, danau, dan jalan yang asri. Semua lintasan dikondisikan dengan steril tanpa risiko.

“Objek di Pandawa tempat strategis, di BSB City, nuansa pemandangan alam ada danau dan hutan,” kata Widiatmoko yang juga owner Pandawa Cafe BSB.

Menurutnya, misi event ini adalah untuk mengenalkan olah raga duathlon kepada masyarakat dan duathlon race ini adalah yang pertama kali digelar di semarang.

“Kita berharap ini bisa menjadi acara rutin setiap tahun sekali, dan untuk awal ini memang kita lebih ke branding dulu, konsepnya kita semua bisa kumpul bareng komunitas dan mudah mudahan bisa jadi ikon karena saya lihat cukup meriah dan peserta puas,” ungkapnya.

Duathlon memang belum populer di masyarakat, namun antusiasme masyarakat yang ikut kali ini sungguh luar biasa.

“Sebanyak 150 peserta dari berbagai kota mengikuti Duatlon Race kali ini. Peserta dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas Open untuk semua usia dan Master untuk usia 35 keatas,” tambah Widhiatmoko.

Peserta Pandawa Duathlon 2022 Semarang Mengayuh Sepeda sejauh 5Km.

Co Race Director Pandawa Duathlon 2022, Sri Agus Budi Santoso menjelaskan jika ratusan peserta antusias hadir di Pandawa Diathlon 2022, tak hanya dari Semarang ada juga peserta dari beberapa kota di Indonesia yang terjatuh dari Makasar. Bahkan atlet nasional juga ikut meramaikan seperti Hari Rohman dari Jakarta.

“Peserta ada yang personal juga dari komunitas seperti dari Holocrank, Tenbir, WCC, STV Ladies, Long Run Rangers, dan lainnya,” katanya.

Pandawa Duathlon 2022 dibagi dua kategori peserta yakni Master untuk usia diatas 35 tahun dan Open untuk semua kalangan.

Untuk titik start dan finish di halaman Pandawa Eatery & Liquor Shop BSB. Dengan waktu start pukul 06.00 WIB dan batas akhir pukul 09.00 WIB.

“Zero accident dan semua peserta mampu merampungkan semua race dengan batas akhir justru pukul 08.45 WIB,” katanya.

Hasil juara Pandawa Duathlon 2022 diambil lima peserta tercepat untuk kelas Male dan Female dari kategori Master dan Open. Masing-masing juara dikalungi medali Emas, Perak, Perunggu, Titanum dan Rose Gold.

Gelaran Pandawa Duathlon rencananya akan digelar rutin setiap tahun dengan peserta yang lebih banyak, terutama menggaet dari luar negeri.

“Untuk pemenang memang diambil lima dari masing-masing kelas yaitu kelas Master Male, Master Female, Open Male dan Open Female. Mereka mendapatkan lima medali sesuai dengan jumlah pandawa dalam pewayangan yaitu medali emas, perak, perunggu, silver, dan titanium,” tambahnya. Agus berharap tahun depan Pandawa Duathlon ini bisa diikuti lebih banyak peserta dan kalo memungkinkan bisa ada peserta dari luar negeri.

Daftar juara kategori Open Male:

1. Joko Ahmad, waktu 1.05.51

2. Suprapto, waktu 1.09.47

Tinggalkan Balasan