Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlinePolitik

PDIP Jateng Tetapkan Nomor Urut 1.610 Bacaleg, 463 Diantaranya Incumbent

×

PDIP Jateng Tetapkan Nomor Urut 1.610 Bacaleg, 463 Diantaranya Incumbent

Sebarkan artikel ini
Wasekjen Bidang Internal DPP PDI Perjuangan Utut Adianto dan Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Bambang Wuryanto saat acara “Laporan Penyaringan Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten/Kota seluruh Jawa Tengah” di Panti Marhaen Semarang, Senin 20 Maret 2023 malam. (PDIP Jateng)

SEMARANG, beritajateng.tv – PDI Perjuangan Jateng menetapkan komposisi dan nomor urut bakal calon legislatif (bacaleg) untuk Pileg 2024. Total, ada 1.610 nama yang tersebar di 35 DPRD kabupaten/kota dan DPRD Provinsi Jateng.

Penetapan tersebut dilakukan di acara “Laporan Penyaringan Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten/Kota seluruh Jawa Tengah” yang digelar di Panti Marhaen Semarang, Senin 20 Maret 2023 malam.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Dari jumlah 1.610 nama itu, 463 orang diantaranya adalah incumbent atau anggota DPRD yang saat ini aktif menjabat. Sementara hanya 2 persen saja incumbent yang menyatakan tak mendaftar kembali karena alasan usia, keluarga dan memilih bertarung untuk kursi DPR RI.

Wasekjen Bidang Internal DPP PDI Perjuangan Utut Adianto menyampaikan proses pencalegan biasanya menjadi tahapan yang paling alot dan rawan. Namun, dengan penjelasan konsep dan mekanisme semenjak awal, maka menjadi lebih mudah.

Dalam penetapan nomor urut, lanjutnya, disesuaikan dengan ketentuan dan konsep pemenangan elektoral berbasis gotong royong.

“Nomor urut didasarkan pada posisi di struktural. Ketua, Sekretaris, Bendahara pasti nomor satu, selanjutnya PAC dan memenuhi unsur keterwakilan wanita 30 persen. Misal satu dapil jumlah kursi tujuh, maka wanita tiga,” ujar Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI tersebut.

Utut menyebut konsep dan penetapan nomor urut pencalegan tersebut sudah matang.

“Nomor urut sudah ditentukan. Konsep sudah matang, tinggal kita daftarkan. Tanggal 11-14 Mei ada Silon (Sistem Informasi Pencalonan),” kata Utut.

Tinggalkan Balasan