Pemkot dan Kodim 0733 BS Semarang Buka TMMD, Sasar Pembangunan Infrastruktur dan UMKM

Pemkot dan Kodim 0733 BS Semarang Buka TMMD

Semarang, 11/5 (BeritaJateng.tv) – Kodim 0733/Kota Semarang bersama Pemerintah Kota Semarang melakukan pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung 2022 di Kelurahan Pongangan, Kecamatan Gunungpati, Rabu (11/5/2022).

TMMD ini merupakan bentuk dharma bhakti TNI mendukung program pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Dandim 0733/Semarang, Letkol Inf Honi Havana mengatakan, selama masa damai atau tidak ada perang TNI mengerahkan sumber daya yang ada untuk mendukung program pemerintah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Ada beberapa program yang dilaksanakan pada TMMD berupa pembangunan fisik dan nonfisik. Pembangunan fisik berupa pembangunan jalan, talud, tandon air, dan rehab rumah. Sedangkan pembangunan nonfisik berupa sarasehan pancasila, aeni budaya, penyuluhan pertanian, dan pemberdayaan UMKM.

“Kami berharap TMMD ini bisa membawa manfaat bagi masyarakat Kota Semarang, khususnya warga Pongangan,” ucapnya.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengapresiasi kegiatan TMMD Sengkuyung 2022 ini. Dengan program ini, wilayah Pongangan menjadi lebih bagus. Menurutnya, ini merupakan bentuk nyata dari upaya bergerak bersama yang merupakan turunan dari gotong royong.

“Terimakasih kepada tim TMMD. Konsep bergerak bersama itu penting. Dulu masyarakat menyalahkan pemerintah, kampungku elek, dalan rusak, omah kebanjiran. Itu kalau semua urusan pembangunan dikerjakan pemerintah. Hari ini punya kerangka besar bergerak bersama turunan dari gotong royong,” terangnya.

Pelaksanaan kegiatan TMMD ini berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Semarang.

Kepala DP3A Kota Semarang, Ulfi Imran Basuki mengatakan TMMD dilaksanakan tiga kali pada 2022. TMMD di Kelurahan Pongangan ini merupakan kali pertama. TMMD dilaksanakan selama satu bulan untuk pembangunan fisik dan nonfisik.

“Sasaran TMMD ini mendekatkan TNI dengan masyarakat. Kedua, membangun wilayah itu supaya lebih maju. Oleh karena itu, kami bekerjasama dengan OPD Pemkot dan mitra kerja pemerintah, ada Baznas PKK dan beberapa lembaga masyarakat ikut membantu pelaksanaan TMMD,” jelasnya. (Ak/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.