Scroll Untuk Baca Artikel
News UpdateOpiniPendidikan

Pengorbitan Sangkar Arah Pustaka

×

Pengorbitan Sangkar Arah Pustaka

Sebarkan artikel ini

Kendal, 19/2 (BeritaJateng.tv) – Sangkar Arah Pustaka baru saja diluncurkan. Sebuah penerbit yang berdiri di bawah Lembaga Pelatihan Kerja Sangkar Arah Kendal yang berkantor di Desa Tanjungmojo, Kec. Kangkung, Kab. Kendal. Pada Jumat malam, 11 Februari 2022 yang lalu kegiatan resmi diselenggarakan untuk mengorbitkan salah satu penerbit indie di Kendal tersebut.

“Kehadiran penerbit ini diharapkan dapat menjadi wadah yang dapat menampung karya-karya dari siapa saja yang berproses kreatif, khususnya dalam dunia tulis-menulis,” ungkap Muhyidin, atau biasa dikenal dengan nama Qyi Matricide.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Menurutnya, Sangkar Arah tidak akan muluk-muluk misalnya dengan memberikan sumbangan warna baru bagi dunia penerbitan di Kendal dan sekitarnya. Akan tetapi, harapannya sederhana, hanya ingin turut serta dalam orbit penerbitan di Kendal pada khususnya dan di Jawa Tengah pada umumnya untuk membangun iklim literasi di kota kecil tersebut.

Pada kesempatan pengorbitan Sangkar Arah Pustaka, selain diawali dengan tahlil serta doa-doa untuk penerbit baru tersebut, juga diselenggarakan penampilan baca puisi, cerita pendek, serta musikalisasi puisi dari Tsalis Teater Atmosfer, Sofian Teater Semut, Piping PSK, dan lainnya.

Selain itu juga didapati diskusi mengenai proses kreatif dan dunia penerbitan buku yang dipandu oleh Setia Naka Andrian dengan pembicara Bahrul Ulum A. Malik (Presiden Pelataran Sastra Kaliwungu, Kendal) dan Kusfitria Marstyasih (Founder Komunitas Rumah Kita/Koruki Demak).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai komunitas sastra, seni dan budaya di Kendal dan sekitarnya. Di antaranya Teater Semut, Teater Taksu, Teater Atmosfer, dan berbagai komunitas seni lainnya.

Tinggalkan Balasan