PKS Semarang Gelar Donor Darah Peringati Hari PMI

PKS Semarang Gelar Donor Darah Peringati Hari PMI

SEMARANG, 2/9 (BeritaJateng.tv) – Memperingati Hari Palang Merah Indonesia (PMI) dan masih dalam suasana semarak Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Semarang kembali menggelar kegiatan sosial donor darah untuk kemanusiaan.

Kegiatan yang digelar pada Ahad (28/8/2022) di Kantor DPD PKS Kota Semarang itu diikuti secara antusias oleh 56 peserta dari seluruh masyarakat di Kota Semarang.

Ketua DPD PKS Kota Semarang Suharsono dalam keterangan persnya, Jumat (2/9/2022) mengatakan kegiatan donor darah memang secara rutin digelar setiap tiga bulan sekali. Dan pada akhir Agustus dan awal September 2022 ini bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-77 dan hari PMI yang jatuh pada Sabtu (3/9/2022).

“Kegiatan donor darah ini rutin kita laksanakan setiap tiga bulan sekali, bekerja sama antara PKS dan Unit Donor Daerah (UDD) PMI Kota Semarang, dan alhamdulillah setiap event donor darah ini antusiasme masyarakat, rata-rata sekitar 60 peserta donor darah di setiap penyelenggaraannya,”ujar Suharsono.

Lebih lanjut, Suharsono mengatakan kegiatan donor darah itu digelar sebagai wujud komitmen PKS untuk peduli terhadap sesama.

“Kita mendonorkan darah kepada yanga membutuhkan, dan ini juga sekaligus bentuk kepedulian terhadap sesama,”tandas pria yang juga Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Semarang ini.

Di sisi lain, kegiatan donor darah itu juga untuk membudayakan bahwa antara PKS dengan masyarakat arus terjalin hubungan kejasama yang baik.

“Beberapa masyarakat yang ingin mendonorkan darah mungkin terkendala masalah waktu dana lokasi, sehingga perlu kita banyak fasilitas, acara seperti ini rutin mengajak kepada masyarakat untuk donor darah untuk kemanusiaan, dan kedepan kegiatan donor darah ini akan terus rutin berjalan di Kantor PKS Kota Semarang,”papar dia.

Sementara, Ketua Bidang Kesejahteraan Sosial (Kesos) DPD PKS Kota Semarang Anton Purwiyanto mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk semua lapisan masyarakat.

Sejak pertama kali digelar tahun 2020 lalu, Anton mengatakan total peserta sebanyak 325 sudah mendonorkan darahnya di Kantor PKS Kota Semarang.

“Dan pada edisi ke-5 ini, kita paskan momentum donor darah itu dengan agenda HUT proklamasi dengan tema pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, kita ingin memberikan kontribusi sosial kepada dan pulih leih cepat bangkit lebih cepat, kita ingin memberikan kontribusi sosial kepada masyarakat dan PKS peduli Kesehatan dan peduli sosial,”jelasnya.

Sementara, petugas dari UDD PMI Kota Semarang Yuliana Dewi Susilo mengapresiasi kegiatan Kerjasama donor darah PMI dan PKS Kota Semarang ini. Hal itu, kata dia, terbukti dari seringnya PKS dan PMI bekerja sama kegiatan donor darah.

“Untuk donor darah Kerjasama PMI dan PKS ini cukup sering mengadakan, dan memang kita akan salurkan kantong-kantong darah dari hasil donor ini kepada Rumah Sakit (RS), tidak hanya di Kota Semarang, tetapi juga di luar kota Semarang,”kata Yuliana. (Ak/El)

Leave a Reply