Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineJatengNews Update

Rabu Bebas Kendaraan Bermotor, ASN Pemkot Semarang Naik Transportasi Umum

×

Rabu Bebas Kendaraan Bermotor, ASN Pemkot Semarang Naik Transportasi Umum

Sebarkan artikel ini
Rabu Bebas Kendaraan Bermotor, ASN Pemkot Semarang Naik Transportasi Umum

Semarang, 6/7 (BeritaJateng.tv) – Pemerintah Kota Semarang memberlakukan Hari Bebas Kendaraan. Ada pemandangan berbeda di Balai Kota Semarang pada Rabu (6/7/2022).

Halaman balai kota terlihat steril dari kendaraan pribadi. Begitu pula gedung parkir balai kota juga diportal. Tak ada kendaraan yang parkir di gedung tersebut.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Para aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kota Semarang tak membawa kendaraan pribadi menuju kantornya.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, Hari Bebas Kendaraan diberlakukan dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup.

Dia mewajibkan para ASN menggunakan transportasi umum setiap Rabu untuk mengurangi gas emisi. Dengan upaya ini, diharapkan Kota Semarang lebih sejuk dan sehat.

Masyarakat yang bekerja di bidang transportasi umum juga bisa mendapat berkah dari diberlakukannya Hari Bebas Kendaraan ini.

“Ini kami mulai Rabu depan hingga Agustus atau sekitar enam kali. Rabu ini, teman-teman ASN sudah mulai memakai kendaraan umum cuma belum maksimal.

Rabu depan, kami wajibkan semua ASN memakai transportasi umum dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup sekaligus mengurangi pemakaian kendaraan pribadi,” jelas Hendi, sapaannya, Rabu (6/7/2022).

Hendi menegaskan, Hari Bebas Kendaraan ini wajib diikuti oleh seluruh ASN Pemerintah Kota Semarang.

Bahkan, pihaknya akan mempersulit atau tidak mengizinkan kendaraan kantor keluar, kecuali kendaraan pelayanan publik semisal truk pengangkut sampah, Trans Semarang, atau eskavator.

Adapun kendaraan operasional tidak boleh digunakan setiap Rabu selama Hari Bebas Kendaraan diberlakukan di Kota Semarang.

Tak hanya ASN, dia juga mengajak masyarakat untuk turut memberlakukan Hari Bebas Kendaraan dengan naik transportasi umum. Hanya saja, program ini hanya bersifat imbauan untuk masyarakat.

Tinggalkan Balasan