Scroll Untuk Baca Artikel
Uncategorized

Rekomendasi 4 Kota Tersepi di Jawa Tengah, Cocok untuk Ditinggali di Masa Tua

×

Rekomendasi 4 Kota Tersepi di Jawa Tengah, Cocok untuk Ditinggali di Masa Tua

Sebarkan artikel ini
kota tersepi Jawa Tengah
Cuplikan peta provinsi Jawa Tengah. (Foto: jatengprov.go.id)

SEMARANG, beritajateng.tv – Sebagai salah satu provinsi yang mempunyai wilayah terluas di Tanah Air, Jawa Tengah memiliki berbagai macam keunggulan. Tofografinya pun sangat lengkap, walaupun ada 4 kota tersepi di Jawa Tengah ini.

Daftar 4 kota tersepi di Jawa Tengah akan kita bahas dalam artikel kali ini. Kota-kota itu rata-rata relatif jauh dari ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Provinsi Jawa Tengah memiliki luas wilayah mencapai 32.801 km persegi dan terdiri dari 29 kabupaten dan 6 kota. Meski begitu, beberapa daerah di provinsi ini masyarakat anggap sebagai kota tersepi di Jawa Tengah. Berikut ini 4 kota tersepi tersebut:

BACA JUGA: Menarik! Auto Gak Nyessel Kunjungi Deretan Wisata Unik Kota Semarang Berikut Ini

1. Kabupaten Purworejo

Wilayah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini memiliki luas wilayah sekitar 1.091,49 km persegi. Jumlah penduduk Kabupaten Purworejo mencapai 798.175 jiwa.

Meski berbatasan dengan Provinsi DIY, ternyata hal itu tidak membuat wilayah Kabupaten Purworejo sebagai salah satu daerah paling sepi di Jawa Tengah.

Berdasarkan sensus penduduk pada tahun 2020, angka kepadatan penduduk di Kabupaten Purworejo mencapai 705 jiwa per kilometer persegi.

2. Kabupaten Rembang

Rembang berada di perbatasan dengan Provinsi Jawa Timur dan memiliki kepadatan penduduk hanya berkisar 727 jiwa per kilometer persegi.

Kabupaten ini memiliki luas wilayah mencapai 1.014,10 km persegi, dengan jumlah penduduk mencapai 635.483 jiwa. Meski memiliki 14 kecamatan, 7 kelurahan, dan 287 desa, ini tak menjadikannya sebagai 4 kota tersepi di Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan