Satpol PP Semarang Kirim 6 Anggota dan 2 Anjing Pelacak Bantu Penanganan Gempa di Cianjur

Satpol PP Kota Semarang berangkatkan anggotanya bantu evakuasi korban gempa Cianjur. /foto: Ellya.

Semarang, 22/11 (BeritaJateng.tv) – Berbagai instansi saat ini berduyun-duyun memberikan bantuan untuk penanganan Gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Satu diantaranya Yakni Satpol PP Kota Semarang.

“Pagi ini kita memberangkatkan enam anggota Satpol PP dan dua anjing pelacak untuk penanganan Gempa di Cianjur,” kata Kepala Satpol PP Kota Semarang Fajar Purwoto usai apel pemberangkatan personil kemanusiaan, pada Selasa (22/11/2022) pagi.

Ia menjelaskan Enam anggota Satpol PP ini berasal dari Unit Posko Penanggulangan Bencana Alam (Posko PBA) Satpol PP Kota Semarang.

“Di Cianjur nantinya anggota kami melaksanakan berbagai tugas, contoh evakuasi warga, pencarian warga yang mungkin tertimbun, membuka akses yang tertutup dan lain-lain,” ucapnya.

Adapun dua anjing pelacak, kata dia, telah bersertifikat dan diakui secara nasional. Dua anjing ini memiliki banyak kemampuan.

“Dua anjing pelacak bernama Coco dan Bromo. Mereka punya banyak kemampuan seperti pencarian jenazah dan melacak narkoba. Tentu kalau dalam kejadian di Cianjur, anjing pelacak ditugaskan pencarian korban hilang ataupun tertimbun. Dua anjing ini sebelumnya pernah dikirim penanganan bencana di Lombok, NTB,” terang Fajar.

Dia menjelaskan, pengiriman anggota beserta dua anjing pelacak adalah sebagai bentuk kepedulian pihaknya kepada sesama.

“Kami turut berdukacita atas kejadian gempa di Cianjur. Semoga bantuan kami ini bermanfaat dan meringankan beban sesama,” tandasnya.

Anggota Posko PBA Satpol PP Kota Semarang Apriawan Restu Bagas mengaku siap bekerja maksimal untuk sesama di Cianjur.

“Kami berterimakasih kepada para pimpinan dan seluruh jajaran Satpol PP kota Semarang dalam mendukung dan merestui kami untuk berangkat dalam misi kemanusiaan di Cianjur. Kami akan berusaha maksimal untuk membantu saudara saudara kita di Cianjur,” kata Apri. (Ak/El)

Leave a Reply