Scroll Untuk Baca Artikel
Derap Nusantara

Siapkan 1.740 Hunian, Pemerintah Pindahkan 3.246 ASN ke IKN Mulai Juli 2024

×

Siapkan 1.740 Hunian, Pemerintah Pindahkan 3.246 ASN ke IKN Mulai Juli 2024

Sebarkan artikel ini
rekrutmen ASN penempatan IKN
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), Abdullah Azwar Anas. (ant)

JAKARTA, beritajateng.tv – Pemerintah bakal memindahkan 3.245 Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, tahap pertama yang akan berlangsung pada Juli 2024 hingga November 2024.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Abdullah Azwar Anas, mengatakan ASN yang bertugas di IKN akan beroleh tempat tinggal yang telah pemerintah siapkan.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“ASN yang pindah pertama nanti dari 37 kementerian/lembaga. Rencananya sudah disiapkan 1.740 hunian untuk mereka,” ujar Anas dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, 16 Desember 2023.

Anas menjelaskan pemindahan ASK ke IKN bukan sekadar relokasi fisik, melainkan juga sebuah transformasi dalam budaya kerja dan pelayanan publik.

BACA JUGA: Kontrol Jumlah Kendaraan Pribadi di IKN, OIKN Terapkan Intelligent Transport System, Maksimal Cuma 20 Persen

Untuk itu, ia meminta setiap kementerian/lembaga mempersiapkan SDM yang akan pindah sesuai dengan kebutuhan jabatan dan layanan berdasarkan kompetensi masing-masing.

Anas menyebut pemindahan ASN ke IKN merupakan langkah strategis dalam memperkuat administrasi publik dan mendukung visi pembangunan nasional. Selain itu, pemindahan ke IKN sekaligus menjadi momentum penerapan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien.

Menurutnya, proses pemindahan tersebut melibatkan berbagai upaya termasuk transformasi cara kerja atau simplifikasi proses bisnis, pelaksanaan pemerintahan digital, penataan manajemen ASN, dan penguatan koordinasi antar institusi, terutama pelibatan ASN pemda penyangga IKN.

Tinggalkan Balasan