Scroll Untuk Baca Artikel
Jateng

Siapkan 40 Sapi Kurban Idul Adha, Begini Cara Baznas Jateng Bagikan Dagingnya

×

Siapkan 40 Sapi Kurban Idul Adha, Begini Cara Baznas Jateng Bagikan Dagingnya

Sebarkan artikel ini
sapi kurban Baznas
Ketua Baznas Jateng Ahmad Darodji saat berada di kantornya, Senin, 26 Juni 2023. (Made Dinda Yadnya Swari/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) telah menyiapkan sebanyak 40 ekor sapi kurban. Puluhan sapi kurban Baznas tersebut akan mereka sembelih saat Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M mendatang.

“Tahun ini kita menyembelih sekitar 40 ekor sapi,” ujar Ketua Baznas Jateng Ahmad Darodji kepada beritajateng.tv, Senin, 26 Juni 2023.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Ahmad Darodji menyebut, sebanyak 40 ekor sapi itu berasal dari para donatur Kurban yang penyalurannya melalui Baznas Jateng. Penyembelihan akan berlangsung di Rumah Potong Hewan (RPH) yang tersebar di berbagai wilayah se-Jateng.

“Misal sapinya ada di Boyolali, nanti nyembelihnya di Boyolali dan Salatiga. Kenapa di bagi? Karena kemampuan RPH itu terbatas. Ada di Boyolali dan Salatiga,” imbuhnya.

BACA JUGA: Tak Bisa Asal Pilih, Begini Tips Memilih Hewan Qurban yang Baik untuk Hari Raya Idul Adha

Tak bagikan daging sapi kurban Baznas dalam keadaan mentah

Sementara itu, Baznas Jateng tak membagikan daging dalam keadaan mentah seperti yang kerap kali berlangsung saat Hari Raya Idul Adha. Darodji menyebut, terdapat beberapa tahapan yang mesti pihaknya lakukan.

Daging Kurban tersebut akan masuk ke dalam kulkas terlebih dahulu setelah terpotong. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya kebusukan.

Kemudian, daging akan dikirimkan ke Kota Tangerang untuk diolah menjadi rendang dan kornet. Selepas itu, daging sapi kurban Baznas olahan masuk kemasan kaleng dan melalui proses pengiriman lagi ke Jateng untuk pembagian kepada masyarakat luas.

Tinggalkan Balasan