Scroll Untuk Baca Artikel
Nasional

Tak Akan Ada Gedung Pencakar Langit di IKN, Kepala Otorita: Ini Peradaban dan Sejarah Baru

×

Tak Akan Ada Gedung Pencakar Langit di IKN, Kepala Otorita: Ini Peradaban dan Sejarah Baru

Sebarkan artikel ini
Gedung IKN
Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, saat pemaparan di Dekanat Fakultas Teknik Undip, Jumat, 8 Maret 2024. (Fadia Haris Nur Salsabila/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) terus dikebut. Berbagai bangunan gedung nantinya akan berdiri di IKN yang memiliki luas wilayah mencapai 322,429 hektar itu.

Namun, di antara banyaknya gedung baik perkantoran, komersial, hingga hunian vertikal, IKN dipastikan tidak akan memiliki gedung pencakar langit.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Hal tersebut tersampaikan oleh Kepala Otorita IKN Bambang Susantono saat Forum Akademik Nusantara dan Penandatanganan Nusa Kesepahaman antara Otorita IKN dengan ASPI dan Universitas Diponegoro (Undip) di Dekanat Fakultas Teknik Undip, Jumat, 8 Maret 2024.

Menurut Bambang, IKN merupakan kota dengan konsep green, smart, inclusive, resilent, dan sustainable. Sehingga, meskipun menjadi kota masa depan yang penuh dengan kecanggihan, namun IKN tetap akan mempertahankan kelestarian alam sekitarnya.

BACA JUGA: Kembangkan Ibu Kota Baru, Otorita IKN Gandeng ASPI Wujudkan Kota Dunia

“Di samping smart juga akan mempertahankan hijaunya, jangan harap di IKN ada gedung pencakar langit, karena desainnya menyatu dengan alam, dengan kurasi Ridwan Kamil,” kata Bambang.

Selama ini, lanjutnya, masyarakat seringkali terdoktrin kota maju harus memiliki gedung pencakar langit. Padahal, kata Bambang, kemajuan kota bukan sekadar kota dengan gedung yang menjulang tinggi.

Bambang menegaskan, menjadi kota besar di Indonesia bahkan dunia tidaklah harus memiliki gedung pencakar langit. Yang terpenting baginya adalah bagaimana sebuah kota bisa menyenangkan warganya.

Tinggalkan Balasan