Scroll Untuk Baca Artikel
Jateng

Tata SCJ, Pemkot Semarang Libatkan Pedagang Eks Matahari Johar

×

Tata SCJ, Pemkot Semarang Libatkan Pedagang Eks Matahari Johar

Sebarkan artikel ini
Pedagang Eks Matahari Johar
Pemkot Semarang berencana libatkan pedagang eks matahari Johar untuk tata Shopping Center Johar (SCJ) Semarang. (Ellya/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang libatkan 96 pedagang eks Matahari Johar untuk ikut dalam pemetaan Shopping Centre Johar (SCJ).

Plt Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, pemetaan SCJ berlangsung untuk menata pedagang dari eks relokasi Johar di MAJT agar segera masuk.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Pemetaan dengan melibatkan 96 pedagang eks Matahari Johar karena pedagang menginginkan lokasi berdagangnya tidak berubah.

“Hari ini kami lakukan mapping. Target kami akhir Juni semua pedagang sudah menempati lapak-lapak yang ada SCJ ini. Sesuai rapat dengan semua paguyuban,” ujar Fajar.

Fajar yang juga merupakan Kepala Satpol PP itu mengatakan bahwa gedung SCJ awalnya di kelola pihak ketiga. Namun saat ini sudah di serahkan ke Pemkot Semarang sejak 13 Juni 2023 kemarin.

“Sehingga kami berproses untuk memasukkan pedagang dan masukan-masukannya seperti apa,” jelas Fajar.

Pedagang eks Matahari Johar Tetap Tempati SCJ

Fajar menyampaikan ke semua pedagang SCJ baik toko maupun loss. Pemkot Semarang tidak akan mengeluarkan mereka dari lokasi berdagangnya. Alasan Fajar karena mereka adalah pedagang tangguh.

“Karena dulu itu setiap pedagang itu membayar kira-kira sekitar dua juta lebih karena masih di kelola oleh pihak ketiga. Tapi saat ini sudah 100 persen di kelola Dinas sehingga pedagang hanya membayar rertribusi,” jelas Fajar.

“Jadi kalau di pukul rata setiap pedagang menempati 4 sampai 5 meter maka hanya membayar Rp 5 ribu perhari. Jika di kalikan sebulan maka hanya 150 ribu. Jadi mereka masih punya sisa sangat banyak jika di bandingkan pembayaran kepada pihak ketiga,” ungkapnya.

Tapi dari dinas perdagangan memohon partisipasi kepada para pedagang untuk secara swadaya melakukan pengecetan agar terlihat lebih indah.

Tinggalkan Balasan