Tim SAR Gelar Simulasi Kecelakaan Kapal di Pantai Bandengan Jepara

Tim SAR Gelar Simulasi Kecelakaan Kapal di Pantai Bandengan Jepara

Semarang, 8/7 (BeritaJateng.tv) – Tim Basarnas Kota Semarang menggelar simulasi penyelamatan korban kapal tenggelam di Pantai Bandengan, Kabupaten Jepara.

Simulasi digelar pada Kamis (7/7) pagi, dimulai dengan simulasi kecelakaan kapal wisata “Bandeng 01” terbalik dan tenggelam saat berlayar mengantar wisatawan berkeliling di pantai Bandengan Kabupaten Jepara.

Kapal wisata tersebut mengangkut 10 Person On Boad (POB). Sebanyak 7 orang berhasil diselamatkan oleh kapal wisata yang kebetulan melintas yang selanjutnya dibawa ke RSUD Kartini Kabupaten Jepara. Namun 3 orang hilang tenggelam sehingga dilakukan pencarian.

Dengan informasi tersebut, Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Semarang Mulwahyono memberangkatkan 2 SRU untuk melakukan operasi pencarian dan pertolongan disertai alut SAR air.

Operasi SAR dengan dua metode yakni penyisiran permukaan dengan perahu karet dan pencarian dibawah air dengan pengoperasikan “Aqua Eye” yakni sebuah alat yang mampu mendeteksi objek didalam air.

SRU 1 yang melakukan penyisiran dengan perahu karet berhasil menemukan 2 korban selamat yang dicurigai 1 korban mengalami cedera patah tulang, 1 korban lagi mengalami hypothermia berat, sedangkan SRU 2 yang melakukan pencarian dengan Aqua Eye mendeteksi objek didasar laut berhasil mengevakusi 1 korban dari dasar laut dalam keadaan meninggal dunia.

Kejadian tersebut hanya sebuah simulasi yang di gelar oleh Kantor SAR Semarang Dalam rangka latihan untuk meningkatkan kesiapsiagaan personil dan juga uji laik alut Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang.

Kegiatan tersebut di gelar selama 2 hari mulai hari Rabu sampai kamis (6-7 Juli 2022) bertempat di pos Pencarian dan Pertolongan Jepara dan praktek simulasi di perairan Bandengan Kabupaten Jepara yang dilakukan oleh 21 personil Kantor SAR Semarang dan pos Pencarian dan Pertolongan Jepara.

“Latihan satuan tersebut bertujuan untuk menguji prosedur, menguji kesiapan personil Kantor SAR Semarang dan menguji kesiapan sarana dan peralatan pencarian dan pertolongan ” ungkap Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto.

“Semoga dengan adanya latihan ini Basarnas akan semakin lebih baik lagi, lebih responsif dalam melakukan operasi SAR,” Harap Heru. (Ak/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.