Masyarakat Diminta Segera Beli Hewan Kurban Antisipasi Kendala Kesehatan Hewan

Masyarakat Diminta Segera Beli Hewan Kurban Antisipasi Kendala Kesehatan Hewan

Boyolali, 8/7 (BeritaJateng.tv) – Idul Adha sudah kian dekat. Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen menyampaikan, saat ini adalah waktu yang ideal untuk menyiapkan hewan qurban.

“Untuk Idul Adha, karena waktunya tinggal dekat, saya mohon untuk saat ini beli (hewan) qurbannya. Karena qurbannya kalau beli saat ini, bisa kita antisipasi,” tutur Wagub Taj Yasin saat ditemui usai Kunjungan Industri di PT. Pan Brothers, Kamis (07/07/2022).

Antisipasi yang dimaksud disini antara lain adalah dapat memantau kondisi kesehatan hewan, dapat melakukan karantina hewan paling tidak 24 jam sebelum disembelih, dan menyiapkan juru sembelih halal (juleha). Jawa Tengah sudah memiliki beberapa juru sembelih halal yang mengantongi sertifikat dari pemerintah.

“Jateng saat ini alhamdulillah dengan adanya pelatihan juleha yang kita inisiasi dengan kerja sama dengan MUI, dengan Baznas dan Santri Gayeng Nusantara (SGN), saat ini sudah di-breakdown. Di Klaten sudah ada, di Kabupaten Banjarnegara ada, disusul lagi besok di Kabupaten Batang, Pekalongan kota dan kabupaten, juga melakukan hal serupa,” bebernya

Sudah tersebarnya juleha di sejumlah kabupaten/ kota, kata Wagub, menunjukkan bahwa perhatian mereka sangat tinggi terhadap persoalan penyembelihan hewan ternak sesuai syariat Islam. Maka, pemerintah perlu terus mendorong penyediaan tenaga juleha. Apalagi, setelah pandemi covid – 19, masyarakat semakin menyadari pentingnya menjaga kesehatan.

“Maka di sini kita dorong. Yang butuh sehat itu darimana? Termasuk dari makanannya. Makanannya kalau sehat, Insya Allah kita juga akan lebih sehat. Di sini yang kita dorong, makanan-makanan (daging) itu mulai dari hulu kita siapkan,” urainya.

Mengingat masih ada penyakit mulut dan kuku, Wagub Taj Yasin pun mengimbau supaya penyembelihan hewan qurban dilakukan di RPH. (Ak/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.