TMMD Sengkuyung II Semarang Fokuskan Pembangunan Infrastruktur Tanah Gerak di Tinjomoyo

Pembukaan TMMD Sengkuyung II di Semarang.

Semarang, 27/7 (BeritaJateng.tv) – Konsep bergerak bersama di Kota Semarang dilakukan Kodim 0733 BS Kota Semarang bersama Pemerintah Kota Semarang dengan mengadakan program Tri Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II tahun 2022.

Dandim 0733 BS Kota Semarang, Letkol Inf Honi Havana mengatakan, TMMD Sengkuyung tahap II kali ini menyasar ke Kelurahan Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik. Pasalnya kelurahan yang masuk di kawasan Semarang atas ini memang membutuhkan perhatian lebih terutama dari segi pembangunan infrastruktur.

Honi menyampaikan program TMMD Sengkuyung ini adalah implementasi dari komitmen TNI untuk mendukung program dari pemerintah daerah dalam mensejahterakan masyarakat Kota Semarang.

“TMMD kali ini diarahkan ke Kelurahan Tinjomoyo karena memang ada beberapa kerawanan disana sehingga program ini bisa efektif berdampak nyata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat disana baik fisik maupun non fisik,” kata Honi usai pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II di Pendopo Kantor DPPPA, Rabu (27/7).

Struktur lahan di Kelurahan Tinjomoyo yang memiliki banyak tanah gerak, sehingga program TMMD kali ini akan fokus pada pembuatan talud di lokasi yang memang berpotensi longsor. Selain itu juga akan pembangunan saluran air dan renovasi rumah warga yang sudah tidak layak huni.

“Untuk program non fisiknya kita ada sarasehan Pancasila, sarasehan kebangsaan, penyuluhan Kb, penyuluhan Kamtibnas, dan ini juga pas moment 17 an nanti kita semarakkan dengan melaksanakan lomba-lomba,” ungkapnya.

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Kodim 0733 BS atas dimulainya program TMMD Sengkuyung Tahap II di Kota yang ia pimpin.

Hendi, sapaan akrabnya, menegaskan konsep bergerak bersama dengan jajaran TNI memang selalu rutin diadakan terutama untuk pembangunan fisik Kota Semarang.

Ia menyampaikan sasaran TMMD kali ini di Kelurahan Tinjomoyo memang bukan tanpa alasan. Pasalnya kelurahan tersebut merupakan salah satu yang dimanfaatkan untuk daerah resapan sehingga memang banyak tanah gerak atau patahan-patahan, sehingga pembangunan yang akan dilakukan di Kelurahan tersebut memang dinilai tepat.

“Kita syukuri dari Kodim mau memperbaiki infrastruktur yang memang sudah sering dibangun tapi rusak maka diharapkan ini bisa membuat masyarakat memanfaatkan TMMD Sengkuyung tahap II,” tutur Hendi.

Hendi berharap melalui program TMMD Sengkuyung ini, masyarakat bisa merasakan dampak positif dari pembangunan diwilayahmya masing-masing.

“Saya harap dengan program ini muncul kepercayaan dari masyarakat bahwa pemerintah bersama pihak-pihak terkait dalam hal ini TNI bisa membantu permasalahan pembangunan dan bisa dirasakan secara nyata,” pungkasnya. (Ak/El)

Leave a Reply