Waroeng Semawis Semarang Kembali Dibuka Pasca Pandemi

Waroeng Semawis Semarang

SEMARANG, 31/5 (BeritaJateng.tv) – Setelah tutup dua tahun lamanya akibat pandemi Covid 19 yang melanda Kota Semarang, kini Waroeng Semawis sudah kembali dibuka. Pasar Malam Semawis yang penuh dengan tenda-tenda kuliner itu, mulai kembali beroperasi sejak 27 Mei 2022 lalu.

Namun beda dengan tahun-tahun lalu sebelum pandemi, Waroeng Semawis kini hadir dengan konsep dan suasana yang baru, yakni lebih bersih, nyaman, dan  higienis.

Waroeng Semawis buka pada sore hari dan tutup pada pukul 23.00 Wib. Selain itu, Waroeng Semawis juga hanya ada setiap akhir pekan yakni, Jumat, Sabtu dan Minggu saja.

Pengujung asal Kota Surabaya, Jawa Timur Reni Novita Sari kepada Kabarku.net mengatakan, bahwa dirinya rindu dengan suasa Waroeng Semawis yang sempat absen dua tahun akibat wabah menular Covid-19.

“Sering banget dulu saya mampir ke Semawis, biasa kalau main ke Kota Semarang bareng temen-temen, jajannya selalu di sini. Kalau di bilang rindu, jelas rindu, suasananya itu nyaman banget,” kata Reni.

Reni juga mengungkapkan bahwa kondisi Semawis saat ini berbeda dengan tahun-tahun lalu, menurutnya kondisi sekarang lebih bersih dan menu kulinernya juga semakin komplit.

“Enak sih, sekarang lebih bersih dan makanannya lebih komplit. Saya paling suka itu dengan kuliner cumi bakarnya, dan beberapa minuman khas yang ada di Semawis. Saat berkunjung kesini, saya pengen lama-lama disini,” ungkapnya.

Waroeng Semawis yang letaknya di sepanjang Gang Warung Pecinan Semarang itu, bukan hanya dikenal oleh wisatawan lokal, namun turis manca negara juga banyak yang berkunjung ke Waroeng Semawis.

Dengan aktifnya kembali Waroeng Semawis, pariwisata dan ekonomi Kota Semarang kini tumbuh dan berkembang. Perlu diketahui bahwa, lahirnya pusat kulineran ini digagas oleh perkumpulan Kopi Semawis (Komunitas Pecinan Semarang Untuk Pariwisata).

Pasar Semawis juga termasuk sebagai salah satu bentuk upaya revitalisasi untuk menghidupkan kembali kawasan Kota Tua Semarang.

Terlihat Setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu, di sepanjang jalan Gang Warung Pecinan Semarang berdiri puluhan tenda tempat berjualan dan tersedia set meja kursi sebagai tempat makan bagi para pengunjung.

Bagi para pengunjung yang menikmati suasa malam Waroeng Semawis, selain bisa menikmati beragam kuliner yang disajikan, terdapat juga hiburan live akustik yang bisa membuat para pengunjung lebih santai dan betah nongkrong. (Ak/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.