Antisipasi Dampak Musim Penghujan, PLN UP3 Demak Tingkatkan Pemeliharaan Jaringan

PLN UP3 Demak Lakukan Pemeliharaan Jaringan. /Foto: Wisnu Budi.

Demak, 26/10 (BeritaJateng.tv) – Meminimalisir keandala jaringan listrik serta meningkatkan kualitas pelayanan, PLN UP3 Demak melaksanakan program pemeliharaan jaringan listrik untuk memastikan kondisi jaringan dalam kondisi prima.

Seperti yang dilakukan oleh Tim Gabungan PLN UP3 Demak di wilayah, dalam kegiatan tersebut, Tim Gabungan melaksanakan rabas-rabas dahan dan ranting pohon yang kondisinya dekat dengan jaringan listrik PLN.

Manager PLN UP3 Demak, Firman Sadikin, menjelaskan bahwa secara historis gangguan yang terjadi selama musim hujan adalah hujan yang disertai petir dan angin.

Hal itu biasanya menyebabkan baliho, pohon bahkan atap seng yang berada disekitar jaringan listrik dapat mengenai jaringan listrik PLN.

“Kami berupaya untuk meminimalisir potensi gangguan dengan melakukan berbagai upaya teknis maupun non teknis seperti melaksanakan inspeksi jaringan, rabas pohon, dan penggantian material yang rusak,” terang Firman.

Ia juga menjelaskan, untuk peningkatan keandalan dan percepatan penanganan gangguan, PLN telah berinovasi dengan memanfaatkan aplikasi Virtual Command Centre (VCC).

“Hal yang lebih penting lagi adalah percepatan recovery saat jaringan listrik padam akibat gangguan. Dengan aplikasi VCC kami dapat memonitor secara real time kinerja petugas dalam melakukan penanganan gangguan dan pengaduan Pelanggan. Harapannya gangguan yang dirasakan oleh Pelanggan dapat segera teratasi,” terang Firman.

Manager PLN UP3 Demak juga menyampaikan, bahwa PLN akan memberikan informasi kepada masyarakat terkait rencana pemeliharaan jaringan listrik melalui media sosial PLN UP3 Demak di masing-masing Unit layanan agar masyarakat dapat menyesuaikan aktifitas sehari-harinya saat dilaksanakan pemeliharaan jaringan listrik oleh PLN.

“Kami akan menginformasikan sebelumnya terkait jadwal pemeliharaan jaringan listrik dan wilayah-wilayah mana yang terdampak. Jika terjadi padam diluar wilayah yang disebutkan, ada kemungkinan terjadi gangguan kelistrikan yang bersifat lokal. Tapi masyarakat tidak perlu khawatir, langsung saja menyampaikan pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile, petugas kami akan siap melayani,” pungkas Firman. (BW/El)

Leave a Reply