Scroll Untuk Baca Artikel
Uncategorized

Apakah Gadis Kretek Kisah Nyata? Begini Fakta-faktanya

×

Apakah Gadis Kretek Kisah Nyata? Begini Fakta-faktanya

Sebarkan artikel ini
gadis kretek
Ratih Kumala, penulis novel Gadis Kretek (kanan) dan Sapardi Djoko Damono (kiri). (foto tangkapan layar: Instagram/gadiskretek)

SEMARANG, beritajateng.tv – Gadis Kretek yang kini hadir di Netflix tengah ramai warga Tanah Air saksikan dan perbincangkan di sosial media. Adapun serial bersejarah tersebut rilis sejak 2 November 2023.

Serial Gadis Kretek di Netflix ini merupakan tontonan yang mengadaptasi sebuah novel karya Ratih Kumala. Novel tersebut pun juga salah satu karya yang terkenal lho.

Mengisahkan tentang percintaan di tahun 1960-an, Gadis Kretek ini diarahkan oleh Kamila Andini dan Ifa Isfansyah.

Kamila Andini, sutradara serial Gadis Kretek ini juga bukan sembarang pengarah. Sebab, ada beberapa film yang ia arahkan tembus internasional, seperti film ‘Yuni’.

Antusiasme penonton untuk film ini sangat tinggi. Selain karena Dian Sastrowardoyo yang membintangi, para pembaca buku juga pasti mengetahui lebih dulu apa makna dalam dari cerita ini.

BACA JUGA: Wara-Wiri di Festival Internasional, Begini Potensi Film Pendek Karya Filmmaker Kota Semarang

Sebagai informasi, novel Gadis Kretek meraih kesuksesan pada tahun 2012. Buku tersebut juga sudah diterjemahkan dalam berbagai bahasa mancanegara.

Kesuksesan ini menjadikan novel tersebut juga terkenal di kalangan pembaca. Lalu, Netflix Indonesia memutuskan untuk mengangkat kisah novel tersebut menjadi serial dengan lima episode di platform streamingnya.

Tinggalkan Balasan